Natalius Pigai Secara Tiba-Tiba Bertemu Abu Janda, Pengakuannya Bikin Menohok

- 9 Februari 2021, 11:47 WIB
Natalius Pigai dan Abu Janda bertemu
Natalius Pigai dan Abu Janda bertemu /Twitter @NataliusPigai2



PRFMNEWS - Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai tiba-tiba bertemu pegiat media sosial Permadi Arya alias Abu Janda.

Pertemuan tersebut berlangsung di sebuah hotel pada Senin 8 Februari 2021. Di antara keduanya, tampak Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Foto pertemuan dirinya bersama Abu Janda dan Sufmi Dasco diunggah Natalius Pigai di akun Twitter pribadinya @NataliusPigai2. Dalam unggahan tersebut, Pigai menyampaikan pengakuannya yang menohok. 

Menurutnya pertemuan tersebut merupakan keinginan Abu Janda. Pigai menyebut dirinya tidak bisa menolak.

"Beliau yang minta bertemu. Saya pemimpin dan intelektual yang sangat rasional dan tidak mungkin saya tolak untuk menerimanya. Apalagi saya bukan pelapor!," cuit Pigai.

Baca Juga: Berlaku Mulai Hari Ini, Berikut Aturan Terbaru Perjalanan Dalam Negeri di Masa Pandemi Covid-19

Baca Juga: Presiden Jokowi : 5.000 Wartawan Akan Divaksin Akhir Februari atau Awal Maret

 
Pigai juga menjelaskan mengenai dugaan rasisme yang dialamatkan Abu Janda kepadanya.

Menurutnya, dalam kasus ujaran 'evolusi' tersebut, Abu Janda konteksnya hanya bertanya.

"Dalam hukum pidana objeknya harus jelas. Abu Janda bertanya Evolusi selesai belum?. Memang isinya rasis tapi “bertanya” itu tidak mungkin ada delik hukum," katanya.

Melihat unggahan foto tersebut, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) Haris Pertama sebagai pelapor Abu Janda merasa aneh.

Haris menilai, keributan yang terjadi antara Pigai dan Abu Janda di media sosial beberapa waktu lalu seperti dagelan.

"Aneh sekali saya lihat foto ini. Seakan2 keributan yang mereka buat di media sosial menjadi bahan dagelan. Sekarang ???," cuitnya di akun Twitter @knpiharis.

Baca Juga: Ustadz Maaher Meninggal di Rutan, Novel Baswedan: Orang Sakit, Kenapa Dipaksakan Ditahan?

Baca Juga: TERUNGKAP! Modus Pria Garut Tusuk Kekasihnya Pakai Bambu: Cemburu Lihat Korban Chattingan dengan Lelaki Lain

Sebelumnya Haris melaporkan Abu Janda ke Bareskrim Polri karena diduga melakukan tindakan rasisme terhadap Natalius Pigai.

Laporan tersebut didasarkan pernyataan Abu Janda di akun Twitter miliknya beberapa waktu lalu.

Mulanya, Pigai berseteru dengan Jenderal Hendropriyono, pada 2 Januari 2021 lalu. Melihat itu, Abu Janda lantas bereaksi dan membela Hendropriyono.

“Kapasitas Jend Hendropriyono: mantan Kepala BIN, mantan Direktur BAIS, mantan Menteri Transmigrasi, Profesor ilmu Filsafat Intelijen, Berjasa di berbagai operasi militer. Kau Natalius Pigai apa kapasitas kau? sudah selesai evolusi belum kau?” tulis Abu Janda.

Kalimat terakhir itulah yang menjadi persoalan dan dinilai publik sebagai ujaran rasisme.

Kemudian Haris Pertama melaporkannya dengan menggunakan Pasal 45 ayat (3) juncto Pasal 27 ayat (3) dan/atau Pasal 45 A ayat (2) juncto Pasal 25 ayat (2) dan/atau Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Kebencian atau Permusuhan Individu dan/atau Antargolongan (SARA), Pasal 310 dan/atau Pasal 311 KUHP.***

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x