Indonesia Tutup Pintu Masuk Bagi WNA, M Farhan: Apakah Akan Efektif? Ya Berdoa Saja

- 28 Desember 2020, 22:10 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Muhammad Farhan.
Anggota Komisi I DPR RI Muhammad Farhan. /Dok DPR RI.

 

PRFMNEWS - Pemerintah resmi menutup pintu masuk bagi WNA ke Indonesia mulai 1-14 Januari 2021. Hal ini merespons munculnya varian baru Covid-19 di Inggris.

Menanggapinya, Anggota Komisi I DPR RI, M. Farhan mengatakan, langkah menutup akses masuk bagi WNA itu sudah bagus, tapi ia tidak yakin kebijakan ini efektif menekan laju penularan virus corona.

"Ini lebih seperti gesture bahwa kita tidak abai terhadap pandemi global ini. Tapi apakah akan efektif? ya kita berdoa saja, masih diragukan," ujar Farhan saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Senin 28 Desember 2020.

Baca Juga: Ahli Mikrobiologi Ungkap Mengapa Virus Corona Bisa Bermutasi

Baca Juga: Mulai 1 Januari, Indonesia Tutup Pintu Masuk Bagi WNA

Alasan kebijakan ini didukung Farhan karena ia menilai, lebih baik pemerintah terlambat membuat kebijakan daripada tidak sama sekali.

Ia mencotohkan pengalaman Indonesia pada maret 2020 yang menganggap remeh virus corona. Padahal sudah diperingatkan dari beberapa negara dan studi bahwa virus ini berbahaya dan bisa masuk ke Indonesia dari pendatang.

"Berujung pada sekarang, jadi kita memuji New Zealand karena bisa dikatakan bebas dari Covid dibanding negara lain, tapi kita tahu New Zealand itu melakukan penutupan perbatasan dari Maret, sedangkan kita baru sekarang," jelasnya.

Baca Juga: Peta Sebaran Corona Per Kecamatan di Kota Bandung 28 Desember : Andir dan Sukajadi Masih Tertinggi

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x