Ahli Mikrobiologi Ungkap Mengapa Virus Corona Bisa Bermutasi

- 28 Desember 2020, 20:33 WIB
Ilustrasi Corona Virus (Covid-19)
Ilustrasi Corona Virus (Covid-19) /Freepik


PRFMNEWS - Baru-baru ini varian baru Covid-19 menyebar luas di Inggris, bahkan Singapura sudah mengumumkan satu kasus yang berasal dari varian baru tersebut.

Berita mutasi virus corona bukan hanya terjadi di Inggris saja, sejak pertama kali virus ini menyebar global, Covid-19 telah bermutasi beberapa kali.

Lantas apa yang menyebabkan virus corona bisa bermutasi?

Ahli Mikrobiologi Universitas Padjadjaran, Dr. Mia Miranti, M.P mengatakan, virus corona termasuk ke dalam kelompok virus RNA. Hasil penelitian di beberapa jurnal ilmiah menyebut bahwa kelompok virus RNA mudah mengalami mutasi.

Baca Juga: Muncul Varian Baru Covid-19, Pemerintah Larang Siapapun dari Inggris Masuk ke Indonesia

Ia menjelaskan, RNA merupakan salah satu jenis dari asam nukleat yang menjadi ciri bahwa virus dikategorikan sebagai makhluk hidup.

Ketika virus corona menginfeksi satu tubuh inang, maka RNA-nya akan melakukan replikasi atau berkembang biak.

“Replikasi virus ini tidak ada yang tidak menyebabkan penyakit pada inangnya, karena dia akan mengambil alih sistem kerja sel inang untuk proses reproduksi dia,” ujar Mia dalam keterangan tertulisnya, Senin 28 Desember 2020.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Buka Suara Soal Dugaan Seks Sesama Jenis di Wisma Atlet

Virus corona pun sudah sering mengalami mutasi. Menurutnya, mutasi tersebut terjadi untuk menyesuaikan diri dengan sel inangnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x