Jokowi Dinilai Masih Bimbang Tunjuk Menteri dari Profesional Atau Bagi-bagi Kue Politik

- 23 Desember 2020, 09:47 WIB
Presiden Joko Widodo, Wapres Ma'ruf Amin dan enam menteri barunya yang akan dilantik pada 23 Desember 2020
Presiden Joko Widodo, Wapres Ma'ruf Amin dan enam menteri barunya yang akan dilantik pada 23 Desember 2020 /Sekretariat Kabinet RI


PRFMNEWS - Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Imelda Sari menilai Presiden Joko Widodo masih terlihat menimbang-nimbang antara menempatkan seorang profesional atau bagi-bagi kue partai pengusung dalam penunjukan enam menteri baru.

Seperti diketahui, dari enam menteri baru Jokowi, tiga berasal dari partai dan tiga lainnya profesional. Tiga yang dari partai adalah Tri Rismaharani (PDIP), Yaqut Cholil Qoumas (PKB), dan Sandiaga Uno (Gerindra).

"Saya lihat komposisinya masih antara ada presiden betul-betul menginginkan mereka yang cukup profesional di situ, tapi juga tidak bisa dilepaskan dari tarik menarik urusan partai pengusung yang tetap harus diberikan kue (jabatan)," ujar Imelda saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Selasa 22 Desember 2020.

Baca Juga: Dulu Teman Nongkrong Kini Bersatu di Kabinet Indonesia Maju

Baca Juga: Ini Jabatan 6 Menteri Baru Sebelum Reshuffle Kabinet Indonesia Maju

Sebelum penunjukan enam menteri baru, Imelda berharap Presiden bisa dibebaskan dari urusan bagi-bagi kue partai politik pengusung.

Sebab menurutnya, mengingat sisa periode 4 tahun lagi maka jika ingin 'berlari cepat' menyelesaikan tugas seharusnya Presiden fokus memilih menteri yang kredibilitas di bidangnya agar bisa segera mencapai target.

"Sehingga yang diperlukan adalah mereka yang kredibilitas di bidangnya, profesional dan dianggap mampu menyelesaikan persoalan," ucapnya.

Kendati demikian, ia tetap mengapresiasi keputusan Jokowi dan mengucapkan selamat kepada enam menteri baru yang terpilih.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah