BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem pada Desember Ini

- 9 Desember 2020, 07:29 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem /PRFM


PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi cuaca ekstrem di beberapa daerah Indonesia pada Desember 2020-Januari 2021.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal mengatakan, peningkatan kewaspadaan diperlukan pada daerah-daerah yang diprediksi akan mendapatkan akumulasi curah hujan dengan kriteria Tinggi hingga Sangat Tinggi (>300mm/bulan).

Beberapa daerah tersebut adalah pesisir barat Sumatera, sebagian besar pulau Jawa, Bali, sebagian NTB, sebagian NTT, Kalimantan bagian barat dan tengah, Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga: Penyebab Angin Kencang di Bandung Hari Ini Kata BMKG

"Puncak musim hujan 2020/2021 diprediksikan untuk sebagian besar wilayah akan terjadi pada bulan Januari-Februari 2021 yang umumnya bertepatan dengan puncak Monsun Asia," ujar Herizal dalam rilisnya, Selasa 8 Desember 2020.

Berdasarkan hasil pemantauan satelit, sebanyak 61 persen daerah di Indonesia saat ini sudah memasuki musim hujan. Musim hujan di sebagian besar wilayah di Indonesia diprediksikan akan berlangsung hingga bulan April 2021.

Dengan latar belakang anomali iklim La Nina, meningkatnya aktivitas Monsoon Asia pada bulan Desember ini juga dapat juga disertai oleh beberapa fenomena atmosfer khusus lainnya seperti cold surge (seruakan dingin Asia), gelombang atmosfer ekuator (MJO), dan pertemuan massa udara antar tropis (Inter Tropical Convergence Zona - ITCZ).

Baca Juga: Peta Terbaru Sebaran Corona Kota Bandung, Ini 10 Kelurahan dengan Kasus Konfirmasi Aktif Tertinggi

"Fenomena-fenomena tersebut telah diketahui dapat terjadi secara bersamaan maupun sendiri-sendiri, dan mampu memicu curah hujan ekstrem yang berdampak signifikan, diprediksi dapat terjadi dalam periode minggu terakhir Desember 2020-Januari 2021," ucapnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x