Hari AIDS Sedunia, Indonesia Hanya Mampu Mengobati ODHA di Bawah 40 Persen

- 1 Desember 2020, 19:49 WIB
Poster World AIDS Day atau Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember.
Poster World AIDS Day atau Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember. / /Freepik/

PRFMNEWS - Tanggal 1 Desember ini diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia, lantas bagaimana perkembangan penanganan HIV/AIDS di Indonesia?

Sejak 2016, semua negara anggota PBB termasuk Indonesia sudah berkomitmen mengakhiri AIDS (Ending AIDS) pada 2030. Namun sayangnya, Indonesia masih jauh dari kata mampu menangani para Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

Berdasarkan data, pada tahun 2020 ini Indonesia baru mampu melakukan pengobatan kurang dari 40 persen ODHA dari target dunia 90 persen. Sangat jauh sekali dari target, bahkan pada tahun sebelumnya hanya mampu 19 persen.

Baca Juga: Data Terbaru Kecelakaan Beruntun di Tanjungsari Sumedang, Total 6 Kendaraan Terlibat

"Situasi Indonesia saat ini tidak sampai 40 persen, bahkan 32 sekian persen, tahun lalu cukup menyedihkan hanya 19 persen. Kita termasuk yang terkecil di Asia Pasifik soal pengobatan," ujar Direktur Pusat Kajian Kesehatan Reproduksi, dr Bagus Rahmat Prabowo saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Selasa 1 Desember 2020.

Sehingga menurut Bagus, masih ada sisa 70 persen orang di luar sana yang tidak terobati dan berpotensi menularkan HIV/AIDS ke lebih banyak orang.

Dampaknya tentu akan meningkatkan angka infeksi baru HIV/AIDS yang saat ini Indonesia sudah tergolong tinggi infeksinya di Asia Pasifik. Bahkan angka kematiannya juga masih tinggi.

Baca Juga: Jumlah Kematian Dokter saat Penanganan Pandemi Capai 184 Orang, 15 di Antaranya Bertugas di Jabar

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x