Waspada Demam Berdarah, Kadinkes Kota Bandung Imbau Warga Rutin Bersihkan Sarang Nyamuk

- 11 Maret 2020, 19:29 WIB
KEPALA Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita saat talkshow di Radio PRFM 107.5 News Channel, Rabu (4/3/2020).*
KEPALA Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita saat talkshow di Radio PRFM 107.5 News Channel, Rabu (4/3/2020).* /PRFM

BANDUNG, (PRFM) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rita Verita mengatakan, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Bandung hampir merata. Oleh karena itu, Dinkes Kota Bandung terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk.

Rita mengatakan, pihaknya selalu mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya gerakan satu rumah, satu jumantik.

"Kami ingatkan untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk secara rutin, tapi yang tidak kalah penting adalah gerakan satu rumah, satu jumantik," kata Rita saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Rabu (11/3/2020).

Baca Juga: Diperkuat 4 Eks Persib, Ini Skuat Lengkap PSKC Cimahi Liga 2 2020

Rita menambahkan, sebelumnya pihaknya juga rutin melakukan pelatihan kepada masyarakat terkait gerakan satu rumah, satu jumantik.

Menurutnya, dalam gerakan tersebut ada satu anggota keluarga yang ditugaskan untuk memantau jentik nyamuk di bak penampungan air yang ada di rumahnya secara rutin.

"Kami imbau masyarakat tetap secara rutin (memantau jentik nyamuk), agar bisa cepat diketahui bila dalam rumah ada jentik-jentik nyamuk," katanya.

Baca Juga: Cegah Corona, Dishub Jabar Tingkatkan Kewaspadaan di Simpul Transportasi

Rita mengatakan, masyarakat yang memerlukan bubuk abate bisa meminta langsung ke puskesmas terdekat secara gratis. Abate adalah obat efektif untuk mematikan nyamuk dan hama serangga.

Selain itu, warga yang ingin melakukan fogging di rumahnya juga bisa menghubungi puskesmas.

"Abate kita siapkan untuk warga yang akan membersihkan penampungan air yang sulit dibersihkan, tinggal hubungi puskesmas jika butuh," pungkasnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x