Bupati Pastikan RSUD di Kabupaten Bandung Siap Dijadikan Rujukan Covid -19

- 5 Maret 2020, 13:45 WIB
Bupati Bandung Dadang M Naser saat memberikan keterangan kepada wartawan beberapa waktu lalu.*
Bupati Bandung Dadang M Naser saat memberikan keterangan kepada wartawan beberapa waktu lalu.* /HUMAS PEMKAB BANDUNG

BANDUNG,(PRFM) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menetapkan jika Jawa Barat dalam status siaga 1 virus corona atau Covid-19. Atas hal itu, pemerintah kabupaten Bandung siap mendukung hal tersebut dengan menyiapkan tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan menyediakan rujukan.

“Ketika Jabar sudah statement siaga, kita turut mensupport dengan menyediakan ruangan khusus di tiap rumah sakit yang ada. Untuk Kabupaten Bandung sendiri mengingat masih ada keterbatasan fasilitas, menyiapkan rujukan ke Rumah Sakit Al-Ihsan dan Hasan Sadikin yang disiapkan provinsi,” ujar Bupati Bandung Dadang M. Naser saat konferensi pers dengan awak media di Rumah Jabatannya di Soreang, Selasa (3/3/2020).

Baca Juga: Ridwan Kamil Pastikan Jika Polda Jabar Siap Tindak Penimpun Masker

Kepada warga Kabupaten Bandung, Dadang mengimbau untuk tetap tenang dan tidak panik.

Menyoroti kemungkinan masuknya tenaga kerja asing ke Kabupaten Bandung, menurutnya harus sudah bersih begitu melewati bandara.

“Di bandara sudah ada proteksinya, kalau masuk ke kita itu harus sudah clear di bandaranya. Terkait kejadian di wilayah lain, sikap kita antisipasi saja,” ucap Dadang.

Baca Juga: Akhirnya Ada Dark Mode di WhatsApp

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Grace Mediana Purnami mengungkapkan, sejak isu corona merebak pihaknya telah membuat surat edaran. Selain itu juga pihaknya mengaktifkan surveilans (pengumpulan data sistematis) kesehatan masyarakat secara terus menerus, serta berkoordinasi lintas sektor terkait ketenagakerjaan.

“Kami edarkan surat ke seluruh puskesmas di wilayah Kabupaten Bandung, tentang kesiapsiagaan terhadap penyebaran virus corona. Kami juga mengimbau kepada seluruh jajaran tenaga kesehatan untuk memberikan edukasi dan informasi yang tepat kepada masyarakat, bagaimana mengantisipasi penyebaran virus ini,” terang Grace.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Humas Pemkab Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah