Jaring Pasien Terduga Virus Corona, RSUD Cibabat Siapkan Ruang Screening

- 4 Maret 2020, 10:44 WIB
RSUD Cibabat Cimahi siapkan ruang skrining pasien suspect virus corona.*
RSUD Cibabat Cimahi siapkan ruang skrining pasien suspect virus corona.* /RIRIN NUR FEBRIANI/PR/

BANDUNG, (PRFM) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat sudah menyiapkan ruang screening khusus untuk menjaring pasien terduga virus corona (Covid-19). Ruang screening itu terletak di depan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Hal itu sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, bahwa rumah sakit tipe B bertugas untuk menjaring pasien yang mengalami tanda-tanda Covid-19. Sedangkan penanganan lebih lanjut dilakukan di rumah sakit tipe A.

"Kami telah menyediakan ruang khsusus untuk screening terhadap masyarakat yang mengalami gejala virus corona," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama RSUD Cibabat, Reri Marliah saat ditemui, Selasa (3/3/2020).

Baca Juga: Terkait Covid-19 di Kota Bandung, Dinkes: 24 Orang Dalam Pengawasan

Dalam ruangan tersebut, RSUD Cibabat menyiapkan satu orang petugas yang dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, dari mulai kacamata, masker n-95 hingga sarung tangan.

"Kita juga sediakan bed pasien, alat kesehatan untuk mengukur suhu, blankar, sabun cuci tangan," ujar Reri.

Reri menjelaskan, prosedur penanganan pasien yang mengalami gejala virus corona, seperti demam hingga 38 derajat celcius, batuk, pilek, sakit tenggorokan hingga sesak nafas dilakukan setelah pasien yang bersangkutan membawa rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat 1 seperti klinik dan Puskesmas.

Baca Juga: Pengusaha Swalayan Sebut Beberapa Toko di Jawa Barat termasuk Bandung Kehabisan Stok Masker dan Hand Sanitizer

Jika dari Puskesmas atau klinik pasien mengalami gejala serupa, maka pasien harus dirujuk ke RSUD Cibabat. Kemudian pasien masuk ke area screening untuk dilakukan serangkaian pemeriksaan dan wawancara sesuai yang tertera dalam formulir yang disediakan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x