Meski Bukan RS Rujukan, RSUD Soreang Siap Menerima Pasien Virus Corona

- 4 Maret 2020, 13:04 WIB
RSUD Soreang.
RSUD Soreang. / BUDI SATRIA /PRFM

BANDUNG, (PRFM) – Kasi pelayanan medis RSUD Soreang, Kabupaten Bandung Febiyana Rosarianto mengatakan pada dasarnya RSUD Soreang siap untuk menerima pasien yang terduga terpapar virus corona (Covid-19). Meskipun, RSUD Soreang bukan sebagai rumah sakit rujukan pasien yang terkena virus corona.

“Pada dasarnya sudah siap untuk menerima pasien yang terduga atau terpapar penyakin ini. Kami sudah menyiapkan dari segi tenaga dan ruang isolasi satu di IGD dan kita juga hari ini sedang persiapan untuk melakukan simulasi untuk penanganan seandainya ada pasien yang terkena virus corona,” jelasnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Rabu (4/3/2020).

Di samping itu, terkait dengan masker yang harganya melambung di pasaran, perawat di RSUD Soreang ditegaskan sudah siap dengan segala alat pelindung diri, termasuk masker. Febiyana mengaku pihaknya juga mendapatkan masker dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Jaring Pasien Terduga Virus Corona, RSUD Cibabat Siapkan Ruang Screening

“Kita sudah ada masker N95 yang dikhususkan untuk penanganan corona virus. Karena tidak bisa memakai masker biasa yang dipakai masyarakat biasa sudah ada. Kita juga sudah dapat pinjaman dari Dinas Kesehatan juga box masker, kita hari ini mungkin bisa tambah lagi. Karena takutnya pasien mungkin meningkat,” kata Febiyana.

Febiyana menjelaskan, warga yang kehabisan masker dan hand sanitizer bisa beralih dengan rutin mencuci tangan. Terlebih, mencuci tangan dikatakan Febiyana adalah cara yang paling baik untuk mencegah virus.

“Sebetulnya yang paling baik itu mencuci tangan dengan air mengalir dan kemudian pakai sabun itu cukup untuk mencegah virus,” ujarnya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x