Indonesia Kena Virus Corona, Bandara Husein Sastranegara Siaga Pantau Penumpang Penerbangan Internasional

- 2 Maret 2020, 22:00 WIB
Antisipasi virus corona di Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung.*
Antisipasi virus corona di Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung.* /ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PRFM) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar konferensi pers di Istana Negara, Senin (2/3/2020). Dalam konferensi pers tersebut Jokowi menyebutkan jika ada 2 warga negara Indonesia (WNI) yang positif terjangkit virus corona atau Covid-19.

Menindak lanjut hal tersebut Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat terus bersiaga berkerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk memantau penumpang penerbangan internasional. Salah satu langkah antisipasi yang dilakukan, adalah dengan menyiagakan alat thermal scanner untuk memantau suhu tubuh para penumpang.

Baca juga: Gubernur Jabar: Dua Warga Terinfeksi Virus Corona di Jakarta, Belum Ada Bukti Covid-19 Masuk ke Depok

"Kami bekerja sama dengan petugas KKP untuk penempatan alat thermal scanner. Dimana alat itu befungsi untuk men-scan suhu tubuh penumpang yang mendarat khususnya dari Singapura dan Kuala Lumpur," ujar General Manager Bandara Husein Sastranegara, PT Angkasa Pura II, Andika Nuryaman saat on air di Radio PRFM, Senin (2/3/2020).

"Ketika dideteksi ada penumpang yang suhu tubuhnya 38,5 derajat celcius, itu masuk ruang isolasi untuk memastikan penumpang tersebut tidak membawa penyakit virus corona," tambahnya.

Selain itu, ambulans juga disiagakan di Bandara Husein Sastranegara. Andika mengatakan, ambulans yang disiagakan telah dilengkapi dengan kapsul isolasi.

"Bandara Husein Sastranegara sudah menyiapkan mobil ambulans yang dilengkapi kapsul isolasi. Itu berfungsi ketika ada penumpang yang terdeteksi dan dinyatakan perlu observasi lebih lanjut, itu akan dimasukan ke ambulans tersebut dan dilarikan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS)," imbuhnya.

Baca juga: Depok dan Jawa Barat Bentuk Covid-19 Crisis Center

Seluruh petugas di Bandara Husein Sastranegara, lanjut Andika, telah diberikan persiapan untuk menangani apabila ada penumpang yang terindikasi mengidap virus corona. Penggunaan masker juga selalu dilakukan oleh para petugas bandara.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x