Atasi Banjir, Kecamatan Buah Batu Gelar Acara Karya Bakti

- 22 Februari 2020, 14:52 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /dok.PRFM

BANDUNG, (PRFM) - Guna mengatasi banjir, warga Kelurahan Margasari Kecamatan Buah Batu bersama dengan personil TNI menggelar acara Karya Bakti, Sabtu (22/2/2020). Gelaran ini merupakan bentuk inisiatif warga RW 17 Kelurahan Margasari untuk meminimalisir terjadinya banjir di kala musim penghujan.

Camat Buah Batu Edi Juhendi mengatakan, kejadian tanggul jebol di wilayah Kelurahan Cijawura beberapa waktu lalu menjadi pemicu munculnya inisiatif warga untuk menggelar acara ini. Melihat intensitas hujan yang cukup tinggi, warga berharap dengan adanya kegiatan ini maka banjir bisa dicegah.

"Ini gagasan warga, kebetulan beberapa waktu lalu di Kecamatan Buah Batu lumayan ada beberapa tanggul yang jebol di wilayah RW 08 dan RW 12 Kelurahan Cijawura. Dari situ mungkin karena warga merasa intensitas hujan sekarang cukup tinggi dan juga banyak saluran yang kurang bagus. Walau sering dibersihkan tapi sampahnya cukup banyak," ujar Edi saat on air di PRFM, Sabtu (22/2/2020).

Diakuin olehnya, bahwa memang sistem drainase di perumahan wilayah Kecamatan Buah Batu masih terbilang belum memadai. Oleh karena itu, banjir masih sering terjadi apabila turun hujan dengan intensitas tinggi.

"Di wilayah Kecamatan Buah Batu itu banjir karena memang drainase di rumah-rumah kelihatan kurang memadai. Jadi ketika hujan curahnya cukup tinggi terjadi banjir. Tetapi itu tidak lama, cuma sejam dua jam sudah tidak ada lagi," tutur Edi.

Kegiatan kali ini, lanjut Edi, baru dilaksanakan di RW 16, 17, 18, 19, 20, dan 21 Kelurahan Margasari Kecamatan Buah Batu. Diharapkan, kegiatan ini bisa menjadi percontohan bagi seluruh wilayah RT/RW di Kecamatan Buah Batu maupun Kota Bandung.

"Mudah-mudahan minggu depan bisa secara serempak di Kecamatan Buah Batu. Ini kami coba jadi role model dulu. Karena memang ini inisiatifnya dari RW 17," pungkas Edi.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah