Banjir Masih Kerap Terjadi, DPU Kota Bandung Upayakan Optimalisasi Kolam Retensi dan Sumur Resapan

- 17 Februari 2020, 20:48 WIB
Banjir di kawasan Citarip, Bandung.
Banjir di kawasan Citarip, Bandung. /dok. DPU Kota Bandung

BANDUNG, (PRFM) - Beberapa waktu terakhir, warga Kota Bandung mengeluhkan banjir yang kerap terjadi di beberapa wilayah Kota Bandung. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah fokus mengupayakan pencegahan banjir sejak dari hulunya.

"Di atas itu membawa sedimen karena di atasnya kritis. Oleh karena itu kami kemarin sudah menghijaukan sekitar 7 hektare, dan sekarang sedang berjalan sekitar 4 hektare. Itu akan terus kita hijaukan bersama komunitas," ujar Didi saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Senin (17/2/2020).

Untuk penanganan jangka pendek, lanjutnya, saat ini DPU Kota Bandung mengupayakan optimalisasi program kolam retensi dan sumur resapan. Khusus untuk program sumur resapan, pada Rabu (19/2/2020) nanti Sekretaris Daerah Kota Bandung secara masif mengajak keterlibatan setiap kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Bandung.

"Untuk sumur resapan, insyaallah hari Rabu besok akan dipimpin langsung oleh Pak Sekda. Itu akan dimasifkan terkait dengan keterlibatan dari kecamatan dan kelurahan. Jadi akan diintesifkan dan proses percepatannya akan dilakukan," tutur Didi.

Khusus untuk permasalahan banjir di sekitaran Gedebage, dirinya mengaku saat ini DPU Kota Bandung sedang mengkaji kemungkinan untuk memperlebar Sungai Cinambo. Salah satu pertimbangannya adalah, saat ini ketersediaan lahan di sekitar Sungai Cinambo kurang memadai untuk dilakukan proses pelabaran sungai.

"Sekarang kami sedang survey memungkinkan tidak Cinambo itu diperlebar, khususnya setelah Soekarno-Hatta itu. Yang sedang dipikirkan oleh BBWS itu anggaran ada, cuma tidak punya lahan," ungkap Didi.

Untuk mencegah terjadinya banjir yang lebih parah, dirinya mengaku DPU Kota Bandung akan terus melakukan upaya penanganan banjir.

"Kami akan terus bergerak untuk penanganan banjir ini," pungkasnya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x