Tiga Manfaat Sehat Lidah Buaya, Manjur Buat Perawatan Kulit

- 15 November 2020, 20:34 WIB
Ilustrsi lidah buaya. *
Ilustrsi lidah buaya. * /PIXABAY/



PRFMNEWS
- Lidah buaya adalah tumbuhan yang memiliki duri disisinya dengan bentuk seperti lidah.

Lidah memiliki banyak kandungan gel dan daging buahnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat lidah buaya untuk kesehatan:

Menurunkan berat badan
Lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan mineral cukup banyak sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Data Sebaran Corona di Kabupaten Bandung 15 November, Pacet Penyumbang Terbanyak Kasus Positif Aktif

Juga terdapat kandungan asam amino, enzim, dan sterol yang dapat meningkatkan penyerapan dan pemanfaatan tubuh, meningkatkan kesehatan ke seluruh tubuh sehingga dipastikan akan dapat membantu menurunkan berat badan secara optimal.

Menyehatkan rambut
Dalam lidah buaya terdapat enzim yang bernama proteolitik yang dapat memperbaiki sel kulit mati yang ada dikepala. Juga dapat membuat rambut menjadi lebih halus dan berkilau.

Dan banyak lagi manfaat lidah buaya, seperti meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah gatal pada kulit kepala, mengurangi ketombe dan memperbaiki kondisi rambut anda.

Menyehatkan kulit
Anda mungkin sudah tak aneh bahwa lidah buaya sangat bermanfaat bagi kulit, bahkan dapat mengobati beberapa masalah kulit seperti:

Baca Juga: Tertimpa Pohon Bambu yang Tumbang Akibat Hujan Angin, 2 Rumah di Bandung Barat Rusak


1. Untuk mengatasi kulit kering, anda cukup mencampurkan sedikit lidah buaya, sejumput kunyit, satu sendok tel madu, satu sendok teh susu dan beberapa tetes air mawar aduk hingga rata dan sampai teksturnya menyerupai pasta lalu oleskan pada kulit anda yang kering selama 20 menit atau lebih lalu bilas.

2. Untuk kulit sensitif anda siapkan gel lidah buaya, jus mentimun, yogurt, dan minyak mawar haluskan sampai memiliki tekstur seperti pasta. Oleskan dan diamkan selama 20 menit lalu bilas.

Baca Juga: Mengkonsumsi Ini Ternyata Dapat Meredakan Kram Menstruasi

3. Untuk kulit berjerawat, anda hanya memerlukan 2 bahan yaitu lidah buaya dan lemon. Caranya anda cukup mencampurkan ¼ sendok teh jus lemon dengan 2 sendok makan lidah buaya.

Atau jika anda ingin membuat lebih banyak pastikan perbandingan rasio jus lemon dan lidah buaya dengan perbandingan 1:8 agar kulit tidak mengiritasi kulit anda dengan keasaman jeruk.

Campuran lidah buaya dan lemon oleskan ke kulit selama 5 sampai 10 menit lalu bilas.***(Dian Meilani/JOB).

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x