Diperingati Setiap 12 November, Bagaimana Sejarah Hari Ayah Nasional?

- 12 November 2020, 13:24 WIB
Google Doodle spesial Hari Ayah, 12 November 2020.
Google Doodle spesial Hari Ayah, 12 November 2020. /tangkapan layar laman google.com

PRFMNEWS - Hari ini, Kamis 12 November 2020 diperingati sebagai Hari Ayah di Indonesia. Peringatan ini disahkan pertama kali pada tahun 2016 di Balai Kota Solo.

Di negara-negara lain, Hari Ayah pun ikut dirayakan. Namun pada umumnya seperti di Amerika, Kanada, Jerman, Jepang, Italia, dan masih banyak lagi, Hari Ayah atau Father’s Day dirayakan setiap hari Minggu di pekan ketiga bulan Juni.

Dikutip dari laman Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ide mengenai peringatan Hari Ayah di Indonesia lahir pada tahun 2014. Saat itu, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) sedang mengadakan acara Sayembara Menulis Surat untuk Ibu dalam rangka memperingati Hari Ibu di Solo.

Baca Juga: Ini Sinopsis Film Horror 'The Boy' Bioskop Trans TV

Acara tersebut, diikuti oleh anak-anak usia SD, SMP, SMA, bahkan hingga mahasiswa dan umum. Dari peserta tersebut, didapati 70 surat terbaik yang kemudian dibacakan dan dibukukan.

Saat acara berlangsung, ada seorang peserta yang bertanya, “Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi.”

Dikarenakan pertanyaan itu, PPIP berusaha untuk mencari tahu kapan Hari Ayah diperingati di Indonesia, hingga melakukan audiensi ke DPRD Kota Surakarta.

Saat menanyakan, awalnya PPIP tidak mendapat jawaban yang memuaskan. Namun akhirnya, PPIP menggelar deklarasi Hari Ayah dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Hari Ayah Nasional. (Nadya Kinasih Alkautsar/JOB)***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x