5 Ikan Ini Selain Harganya Ekonomis, Juga Kaya Protein Lho

- 18 Oktober 2020, 21:20 WIB
Ilustrasi: Ikan bandeng segar/
Ilustrasi: Ikan bandeng segar/ /PIXABAY/aybanreyes

PRFMNEWS - Sudah banyak diketahui bahwa ikan mengandung protein tinggi. Tapi tak semua jenis ikan bisa dikonsumsi, ada juga yang tidak dapat dikonsumsi. 

Ikan yang memiliki kandungan protein tinggi pun tak selalu dibandrol dengan harga mahal, ada juga ikan yang harganya ekonomis, namun kaya protein.

Berikut 5 ikan yang harganya ekonomis tapi juga kaya protein, yang bisa menjadi rekomendasi anda ketika belanja lauk pauk.

Baca Juga: Link Live Streaming Tottenham vs West Ham United Bisa Diakses di Sini

1. Ikan bandeng

Ikan bandeng hidup di air payau. Dalam 100 gram ikan bandeng mengandung 123 kal energi, 20 gram protein, 4,8 gram lemak dan tidak mengandung karbohidrat.

Resep masakan yang berbahan ikan bandeng sudah banyak. Seperti pepes ikan bandeng, dikuah santai, dan masih banyak lagi. Namun agar nutrisinya tetap terjaga, ikan sebaiknya diolah dengan cara dipepes, ditumis, ditim, dan dikukus.

2. Ikan cakalang

Ikan cakalang tersebar di seluruh perairan sub tropis dan tropis seperti lautan Hindia, Atlantik, dan Pasifik kecuali Mediterania. Ikan cakalang dapat diolah dalam berbagai makanan.

Kita sering menjumpai olahan ikan ini pada abon. Dalam 100 gram ikan cakalang terkandung 107 gram kkal energi, protein 19,6 gram, lemak 0,7 gram, dan 5,5 karbohidrat.

Baca Juga: Bioskop di Bandung Dibuka Kembali, CGV Sebut Penonton Cukup Antusias

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Luka Bakar yang Ternyata Salah, Wajib Dihindari Nih

3. Ikan ekor kuning

Ikan ini memiliki ciri-ciri bentuk badan yang memanjang dan gepeng juga sesuai namanya ikan ini memiliki ekor berwarna kuning.

Ikan ini bisa dijumpai di pasar atau toko swalayan. Dalam 100 gram ikan cakalang mengandung 108 gram kkal, protein 22,3 gram, dan 2,1 gram karbohidrat.

4. Ikan kembung

Ikan kembung hidup berkoloni dan muncul pada musim-musim tertentu. Ikan ini memiliki ukuran maksimal 23 cm dengan ciri warna punggung abu-abu kekuning-kuningan.

Dalam 100 gram ikan kembung terkandung 125 gram lkal energi, 21,3 gram protein, lemak 3,4 gram, dan 2,2 gram karbohidrat.

Baca Juga: MUI Sebut Presiden Jokowi Enggan Terbitkan Perpu UU Cipta Kerja

5. Ikan patin

Ikan patin dapat kita jumpai di sungai perairan pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Dalam 100 gram ikan patin terkandung 132 kkal energi, 17 gram protein, lemak 6,6 gram dan 1,2 gram karbohidrat.

Tak hanya itu, dalam ikan patin terkandung juga DHA dan EPA yang terkandung juga dalam ikan salmon, tuna dan sarden.

Ikan ini aman dikonsumsi oleh semua kalangan karena memiliki kadar kolesterol yang rendah juga bisa diolah ke dalam berbagai macam olahan. *** (Dian Meilani/JOB)

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x