Jangan Ragu Donor Darah Karena Ini Sejumlah Manfaatnya

- 2 Oktober 2020, 10:10 WIB
Ilustrasi donor darah.
Ilustrasi donor darah. /Pixabay

PRFMNEWS - Sebagian orang mungkin takut untuk melakukan donor darah. Tetapi ada pula orang yang begitu semangat dan senang menyumbangkan sebagian darahnya.

Kalau kamu merupakan orang yang suka melakukan donor darah, berbangga dan berbahagialah. Sebab selain dapat menolong orang lain, ternyata donor darah memiliki beragam manfaat.

Dikutip dari St. Mary’s Medical Center berikut beberapa manfaat donor darah.

Baca Juga: BTS Resmi Tampil di Billboard Music Awards 2020

  1. Mengurangi Penyimpanan Zat Besi yang Berbahaya

Kadar zat besi di dalam tubuh terlalu berlebihan dapat menyembabkan hemokromatosis. Apabila tidak ditangani, zat besi akan menumpuk di dalam organ tubuh dan memicu penyakit serius, seperti gagal jantung.

Donor darah secara teratur dapat mengurangi zat besi dalam tubuh.  The Centers for Disease Control bahkan merekomendasikan pengangkatan sel darah merah sebagai pengobatan pilihan untuk pasien yang kelebihan zat besi dalam darah mereka.

Baca Juga: Luizinho Passos Akui Kondisinya Mulai Pulih Pasca Operasi Hernia

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of American Medical Association mengatakan bahwa orang berusia 43 hingga 61 tahun mengalami lebih sedikit serangan jantung dan stroke saat mereka mendonorkan darah setiap enam bulan sekali.

Kemudian berdasarkan studi oleh American Journal of Epidemiology dengan sample 2.682 pria di Finlandia, menunjukkan bahwa mereka yang mendonorkan darah setidaknya setahun sekali memiliki risiko serangan jantung 88 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak melakukan donor darah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x