Lakukan Ini Agar Lebih Cepat Tidur Pulas

- 1 Oktober 2020, 22:00 WIB
Ilustrasi tidur.
Ilustrasi tidur. /PIXABAY/Free-Photos



PRFMNEWS
- Tidur adalah rutinitas yang dilakukan agar tubuh beristirahat dari segala aktivitas dan kegiatan.

Mendapatkan tidur yang nyenyak dapat bermanfaat agar tubuh menjadi ketika bangun tidur. Terlebih dari aktivitas dan kegiatan yang membuat lelah sepanjang hari.

Seperti dikutip prfmnews.id dari laman mayoclinic.org, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan agar tidur menjadi nyenyak pada malam hari:

Baca Juga: Uu Sebut Keterbukaan Pondok Pesantren Penting dalam Antisipasi Penyebaran Kasus Corona

Minimal cahaya
Dibandingkan dengan ruangan yang memiliki cahaya yang terang, pada ruangan yang gelap mata akan lebih mudah mengantuk. Sebab, pada ruangan gelap otak akan melepaskan melatonin. Dimana melatonin ini yang akan memberikan efek menenangkan, sehingga mata akan terasa mengantuk.

Meminimalisir suara
Suara yang bising dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas tidur. Semakin sedikit suara yang didengar maka akan semakin kecil kemungkinan untuk terbangun di kala tertidur.

Memberikan kenyamanan
Ketika tidur adakalanya kita merasa kurang nyaman dengan banyak faktor seperti pada tempat tidur yang kurang empuk, suhu ruangan panas / dingin, dan lain sebagainya. Hal tersebut akan memicu tidur menjadi kurang nyenyak. Bahkan beberapa orang bahkan rela untuk mengeluarkan uang lebih hanya untuk mendapatkan kenyamanan dalam tidur.

Baca Juga: Tarif Listrik Turun Mulai 1 Oktober, Berlaku Hingga Desember 2020

Jaga rutinitas sebelum tidur
Artinya sebelum melakukan rutinitas tidur pada malam hari lakukanlah aktivitas atau kegiatan seperti halnya anak kecil lakukan. Kegiatan yang dapat dilakukan misalnya saja membaca buku, meditasi, ataupun menulis.

Kelola stress
Berbagai masalah yang menggangu pikiran sebelum tidur hendaklah terlebih dahulu untuk dilupakan sejenak. Karena hal tersebut akan membuat tidur menjadi tidak nyenyak karena terpikirkan masalah masalah tersebut. Selain itu dapat memgatur pernapasan untuk merilekskan badan dan pikiran.

Baca Juga: Kemenag Sebut Keberangkatan Umrah Indonesia Masih Tunggu Izin Arab Saudi

Melakukan olahraga ringan
Olahraga ringan sebelum tidur dapat membantu membuat tidur menjadi lelap.

Olahraga ringan yang dapat dilakukan seperti melakukan peregangan lembut, mengatur pernafasan dan gerakan kecil lainnya sebelum tidur.*** (Dwi Nurul/JOB)

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Mayo Clinic


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x