Sumber Karbohidrat Selain Nasi, Berikut Pilihan Olahan Kentang yang Cocok Bagi Anda

- 30 September 2020, 21:46 WIB
Ilustrasi kentang: Banyak cara untuk merawat waja apalagi dengan bahan alami yaitu kentang, Anda dapat menjadikannya es batu dan mengaplikasikannya di wajah.
Ilustrasi kentang: Banyak cara untuk merawat waja apalagi dengan bahan alami yaitu kentang, Anda dapat menjadikannya es batu dan mengaplikasikannya di wajah. /Pixabay

PRFMNEWS - Kentang merupakan salah satu makanan pengganti nasi karena sama-sama mengandung karbohidrat. Kentang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Baik direbus, dibakar, digoreng, dan masih banyak macam pengolahan lainnya.

Namun kentang akan terjamin gizinya dan khasiatnya saat diolah dengan baik dan benar. Berikut pilihan olahan kentang dilansir prfmnews.id dari MSN dan doktersehat.com:

  1. Jangan buang kulitnya

Di dalam kulit kentang yang telah diolah mengandung serat. Dalam 100 gram kentang dengan kulit mengandung 2,1 serat. Sedangkan 100 gram tanpa kulit terkandung 1,8 serat. Saat anda memakan 1 kentang utuh dengan kulit, terkandung kebutuhan vitamin dan mineral yang dapat memenuhi AKG harian. Jadi saat mengolahnya anda cukup cuci dengan bersih. Masih ingin mengolah kentang tanpa kulit?

Baca Juga: Minta Pilkada Ditunda, Epidemiolog Ini Nilai Pemerintah Hilang Fokus Penanganan Pandemi Covid-19

  1. Panggang

Dengan memanggang kentang anda tak perlu khawatir tentang adanya lemak tambahan. justru dengan memanggang kentang anda akan mendapatkandungan serat, vitamin C dan kalium lebih banyak. Namun anda juga harus memastikan untuk tidak memanggangnya terlalu lama karena akan keluar senyawa akrilamida. Senyawa tersebut akan sangat berbahaya bagi tubuh.

  1. Salad

Anda bisa mencampurkan kentang kedalam salad. Anda cukup mencampurkan kentang yang sudah direbus kedalamsalad anda. Dengan menambah kentang rebus kedalam salad akan menambah sensasi kenyang lebih lama. Tak hanya kenyang, anda juga akan mendapatkan manfaat dari kandungan sayur dalam salad. Pastikan anda tidak menambah mustard dan atau mayonaise.

Baca Juga: Oded Minta Warga Tidak Panik Hadapi Resesi

  1. Sup

Anda bisa menambahkan kentang kedalam sup. Cara mengolahnya anda bisa menambahkan kentang yang sudah dihaluskan kedalam campuran kaldu ayam. Untuk lebih sehat lagi anda bisa menambahkan sayuran kedalam campuran sup. Masak hingga matang dan sajikan. Sup kentang hangat cocok disantap saat cuaca dingin.

  1. Tumbuk

Anda pasti pernah melihat kentang tumbuk pada hidangan steak. Ya memang kentang tumbuk selalu lengkap dengan steak karena memiliki citarasa yang dapat dipadukan. Tak hanya bisa dijadikan sebagai teman hidangan, ternyata kentang tumbuk saja juga bisa disantap hanya dengan tambahan bumbu garam dan lada secukupnya. Akan lebih bagus lagi jika anda tidak menambahkan mayonaise atau keju.*** (Dian Meilani/JOB)

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x