BAB Tidak Lancar Saat Puasa? Ini 9 Cara Mengatasi Sembelit saat Puasa, Wajib Disimak!

- 18 Maret 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi sembelit. Ini penyebab sembelit saat puasa dan cara atasi sembelit selama ramadhan.
Ilustrasi sembelit. Ini penyebab sembelit saat puasa dan cara atasi sembelit selama ramadhan. /Freepik/bignai/

PRFMNEWS - Di saat bulan puasa, sebagian orang ada yang mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar (BAB). Kira-kira mengapa hal ini bisa terjadi?

Sembelit adalah gangguan pencernaan berupa penurunan aktivitas usus yang menyebabkan sulit buang air besar. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja, bahkan saat berpuasa sekali pun. Lantas, bagaimana cara mengatasi sembelit saat puasa?

Penyebab Sembelit saat Puasa

Sembelit adalah salah satu jenis gangguan pencernaan yang umum terjadi saat berpuasa. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab sembelit saat puasa, di antaranya:

Baca Juga: Bye Sembelit! Ini 11 Minuman Sehat Untuk Melancarkan Pencernaan

  • Perubahan pola makan. Selama puasa, pola makan cenderung akan berubah. Bila tidak diperhatikan dengan baik, perubahan pola makan ini berisiko menyebabkan tubuh kekurangan asupan cairan dan serat yang dapat memicu sembelit.
  • Konsumsi makanan tinggi lemak berlebih. Mengonsumsi makanan tinggi lemak berlebih saat sahur dan berbuka puasa dapat memicu sembelit karena jenis makanan tersebut sulit untuk dicerna oleh usus.
  • Gangguan usus. Gangguan usus, seperti radang usus, penyumbatan usus besar atau rektum, hingga masalah saraf di sekitar rektum, turut mengganggu aktivitas usus dalam memproduksi dan mengeluarkan feses.
  • Makan dalam porsi besar dan terlalu cepat. Mengonsumsi makanan dalam porsi besar dan terlalu cepat saat berbuka puasa berisiko menyebabkan gangguan pencernaan karena lambung memerlukan waktu untuk melebur makanan agar dapat diserap oleh tubuh.

Baca Juga: Awas! Ini Bahaya Tidur Setelah Sahur

Cara Mengatasi Sembelit saat Puasa

  • Penuhi Kebutuhan Serat

Untuk mencegah masalah sembelit saat berpuasa, kamu perlu memenuhi kebutuhan serat saat sahur dan ketika berbuka. Konsumsi serat dari pilihan karbohidrat yang baik seperti nasi merah atau nasi coklat, bisa juga dengan umbi-umbian seperti kentang, ubi, singkong, atau bisa juga oat.

Selain itu, konsumsi juga makanan yang mengandung protein. Khususnya protein nabati seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Jangan lupa juga memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

  • Minum Air Putih yang Cukup

Perbanyak minum air putih juga menjadi cara mengatasi sembelit saat puasa yang mudah dilakukan karena mampu menjaga tekstur feses tetap lembut dan mudah dikeluarkan. Tak hanya itu, minum air putih yang cukup juga turut mencegah terjadinya dehidrasi selama berpuasa yang dapat mengganggu proses metabolisme tubuh.

Untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa, Anda dapat mengonsumsi air putih dengan metode 2-4-2, yaitu minum 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 4 gelas air putih di malam hari hingga menjelang sahur, dan 2 gelas air di waktu sahur.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x