Hati-hati, 11 Hal ini Bisa Bikin Kamu Jadi Gemuk

- 7 Februari 2024, 16:15 WIB
Ilustrasi kegemukan.
Ilustrasi kegemukan. /Freepik

PRFMNEWS - Obesitas atau kelebihan berat badan adalah kondisi berat badan melebihi batas normal karena adanya penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh.

Pada umumnya obesitas terjadi karena asupan kalori lebih banyak dibandingkan jumlah kalori yang dibakar, sehingga tubuh akan menyimpan kalori yang tidak digunakan dalam bentuk lemak.

Meskipun pola makan biasanya memainkan peran besar dalam penambahan berat badan, tetapi faktor lain—seperti stres dan kurang tidur—juga dapat berkontribusi.

Lalu, apa saja bahaya obesitas bagi kesehatan? Bisakah obesitas dicegah? Yuk, cari tahu penjelasannya pada artikel berikut.

Baca Juga: Hati-hati, 13 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Kamu Berumur Pendek!

Apa itu Obesitas?

Obesitas adalah kondisi medis berupa berat badan di atas normal karena penumpukan lemak berlebih. Hal tersebut terjadi karena asupan kalori lebih tinggi dibandingkan dengan kalori yang digunakan. Apabila kondisi ini terjadi dalam kurun waktu lama, besar kemungkinan berat badan akan terus bertambah.

Obesitas adalah masalah kesehatan yang banyak ditemui di masyarakat Indonesia. Data Riskesdas tahun 2016 menunjukkan bahwa angka obesitas orang dewasa di Indonesia sebesar 20,7%. Angka prevalensi tersebut terlihat meningkat dari tahun 2013 yang hanya sebesar 15,4%.

Obesitas dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit serius, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes, dan lain sebagainya. Maka dari itu, obesitas perlu ditangani sesegera mungkin.

Namun ada beberapa penyakit selain yang disebutkan di atas yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x