Cukup di HP, Begini 2 Cara Lihat Profil Pribadi Caleg Pemilu 2024, Yuk Cek Biar Nggak Salah Nyoblos

- 5 Februari 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi Calon Legislatif (Caleg)
Ilustrasi Calon Legislatif (Caleg) /Dok PRFM

PRFMNEWS – Jadwal Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 tinggal 10 hari lagi atau oleh KPU telah ditetapkan jatuh pada hari Rabu tanggal 14 Februari. Tentunya penting bagi para pemilih untuk membuat keputusan yang tepat agar menghindari golput.

Pada Pemilu 2024, masyarakat akan melakukan pemungutan suara untuk memilih Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), kemudian calon legislatif (caleg) yakni untuk Anggota DPR RI, Anggota DPD RI, Anggota DPRD Provinsi, dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Mengenal lebih dekat data profil para caleg DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang akan dipilih pada Pemilu 2024 ini menjadi hal yang sangat disarankan agar masyarakat tidak bingung serta semakin mantap memberikan hak suara saat hari pencoblosan.

Baca Juga: KCIC Buka Suara soal Kabar Whoosh Sepi Penumpang hingga Jual Tiket Murah Skema Tarif Dinamis

Lantas, bagaimana cara cek dan lihat profil lengkap para caleg peserta Pemilu 2024 secara online agar dapat membantu masyarakat dalam membuat keputusan yang lebih bijaksana saat pencoblosan 14 Februari 2024 mendatang?

Ada dua cara untuk mengecek dan melihat profil lengkap para caleg Pemilu 2024 antara lain berupa informasi data pribadi caleg termasuk foto, motivasi menjadi caleg, program usulan, dan informasi lainnya yang diperlukan untuk mengenal lebih dalam masing-masing calon legislatif.

Cara pertama, profil caleg Pemilu 2024 dapat dicek melalui website resmi KPU, sedangkan cara kedua bisa mengakses laman Jari Ungu https://jariungu.com/. Laman tersebut bisa diakses di browser handphone (HP) maupun laptop atau PC.

Baca Juga: Sabar Ya, Perbaikan Eskalator Mati di Stasiun Bekasi Ditargetkan Selesai Pertengahan Februari

Melansir laman resmi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), berikut panduan langkah-langkah melihat profil caleg Pemilu 2024 lewat situs KPU:
• Buka situs https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Peserta_pemilu
• Pilih menu “Pencalonan DPD/DPR RI/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten/Kota”
• Pilih “Daftar Calon Tetap”
• Pilih nama daerah pemilihan (dapil)
• Akan tampak nama partai, nomor urut, foto caleg, dan juga menu “Profil”
• Bila menu Profil berwarna merah menandakan bahwa caleg tersebut tidak bersedia menampilkan profilnya untuk publik.
• Klik menu Profil berwarna abu-abu dan akan muncul data caleg Pemilu 2024.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x