Kamu Sering Menghukum Diri Sendiri Karena Merasa Bersalah? Mungkin Kamu Kena Dobby Syndrome

- 3 Februari 2024, 16:00 WIB
Informasi tentang Dobby Syndrome, istilah viral di TikTok,lengkap dengan penyebab, ciri-ciri, dan cara mengatasinya, ada dalam artikel ini.
Informasi tentang Dobby Syndrome, istilah viral di TikTok,lengkap dengan penyebab, ciri-ciri, dan cara mengatasinya, ada dalam artikel ini. /PIXABAY/WOKANDAPIX

PRFMNEWS - Kalau kamu penggemar film Harry Potter, kamu pastinya gak asing dengan karakter Dobby. Ia merupakan seorang peri budak yang akan menghukum dirinya sendiri sebagai bentuk rasa bersalah.

Akhir tahun 2023 lalu, istilah Dobby Syndrome mendadak viral di media sosial. Perilaku menghukum diri sendiri ini juga dikenal sebagai Dobby Syndrome atau Dobby Effect.

Dalam film Harry Potter, Dobby divisualisasikan dengan hidung yang panjang, badan kecil dengan telinga dan mata yang lebar. Tentu saja, visual Dobby ini jauh dari istilah normal.

Hal inilah yang menyebabkan banyak orang menggunakan istilah “Dobby” sebagai bahan ejekan. Sejak saat itulah, istilah Dobby Syndrome mulai berkembang ke hal-hal yang sifatnya visual.

Di sisi lain, istilah Dobby Syndrome dalam dunia kesehatan ternyata tidak ada hubungannya sama sekali dengan visual. Justru, istilah ini adalah sebuah indikasi medis terhadap keadaan psikologis tertentu.

Lantas apa sebenarnya Dobby Syndrome dan ciri-cirinya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Apa Itu Dobby Syndrome

Dobby Syndrome mengilustrasikan bagaimana rasa bersalah dapat berubah menjadi hukuman diri yang berlebihan. Rasa bersalah sebenarnya adalah emosi yang baik karena dapat mendorong kita untuk bertindak sesuai dengan pedoman moral dan membuat pilihan yang benar.

Dobby Effect muncul saat seseorang tidak mempunyai kesempatan untuk memberikan kompensasi atas pelanggaran yang menyebabkan mereka merasa bersalah. Ini akhirnya menimbulkan perilaku untuk menghukum diri sendiri.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x