Konsumsi Tempe dan Tahu Perburuk Asam Urat? Begini Penjelasan dr. Zaidul Akbar

- 9 Oktober 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi penyakit asam urat kambuh
Ilustrasi penyakit asam urat kambuh /freepik/ fabrikasimf

PRFMNEWS - Penyakit asam urat merupakan penyakit disebabkan adanya peningkatan kadar zat purin dalam tubuh akibat konsumsi makanan dan minuman tertentu.

Kondisi ini dapat mengakibatkan penumpukan zat purin dalam tubuh yang akhirnya dapat menyebabkan timbulnya penyakit asam urat.

Bagi seseorang yang menderita asam urat, terdapat berbagai larangan terkait konsumsi makanan dan minuman tertentu, termasuk kacang-kacangan.

Baca Juga: Pemkab Sukabumi Tutup Sementara Aktivitas Pengolahan Batu Hijau karena Diduga Cemari Sungai

Namun, apakah penderita asam urat yang mengkonsumsi tempe dan tahu yang berasal dari kacang kedelai masih diperbolehkan?

Dilansir prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, dr. Zaidul Akbar menjelaskan bahwa penderita asam urat sering mengalami gangguan pencernaan dalam tubuh mereka.

Ia menjelaskan bahwa mengkonsumsi tempe yang digoreng dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat, bukan karena tempe itu sendiri, melainkan karena minyak yang digunakan dalam proses penggorengannya.

Baca Juga: Giliran Singapura Ikut Protes dan Salahkan Indonesia karena Kabut Asap yang Melintas Antar Negara

Dokter Zaidul Akbar menyarankan agar mengonsumsi tempe tanpa digoreng atau olahan tempe lainnya tanpa minyak agar tidak memicu timbulnya penyakit asam urat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x