Giliran Singapura Ikut Protes dan Salahkan Indonesia karena Kabut Asap yang Melintas Antar Negara

- 8 Oktober 2023, 12:30 WIB
Para pelajar menaiki perahu kayu melintasi Sungai Ogan yang tertutup kabut asap akibat kebakaran hutan, di Palembang, provinsi Sumatera Selatan, Indonesia, 30 September 2023.
Para pelajar menaiki perahu kayu melintasi Sungai Ogan yang tertutup kabut asap akibat kebakaran hutan, di Palembang, provinsi Sumatera Selatan, Indonesia, 30 September 2023. /Antara Foto/Nova Wahyudi

PRFMNEWS - Akibat kebakaran lahan bukan hanya warga di Sumatera dan Kalimantan saja yang menderita lantaran kabut asap akibat kebakaran lahan, tapi negara tetangga Malaysia dan Singapura juga ikut kena getahnya.

Pemerintah Malaysia sudah berkali-kali mengajukan protes, dan kini giliran Singapura.

Kualitas udara di Singapura dilaporkan masuk dalam kategori tidak sehat pada hari ini, Sabtu, 7 Oktober 2023. Pihak berwenang memperingatkan adanya kondisi berkabut akibat peningkatan jumlah titik panas (hotspot) di Indonesia.

Baca Juga: Bandung Seuhah Jilid Tiga Berhasil Menggoyang Lidah Para Pecinta Makanan Pedas

Melansir dari Channel News Asia,dilaporkan pada pukul 7 pagi waktu setempat, Indeks Standar Pencemaran atau Pollutant Standards Index (PSI) 24 jam untuk wilayah timur Singapura adalah 102. badan lingkungan hidup Singapura, The National Environment Agency (NEA), menyebut angka 101-200 sebagai "tidak sehat".

Wilayah lain berada pada kisaran sedang (51-100), dan ada peningkatan di wilayah tengah (93) dan selatan (83). Adapun, terakhir kali PSI 24 jam lebih tinggi dari 80 adalah pada tahun 2019.

NEA memperkirakan kondisi "sedikit berkabut" untuk seluruh hari Sabtu di wilayah utara, selatan, timur, dan tengah Singapura, dengan hanya wilayah barat yang mengalami kondisi berawan.

Baca Juga: Makna Filosofi Desain Kereta Baru KAI Suite Kompartemen, Bahan dan Ornamen Interior-Eksterior Bikin Takjub

Pada tingkat ini orang-orang disarankan untuk mengurangi aktivitas berat di luar ruangan dalam waktu lama.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x