Usai Israel Tarik Pasukan, Tim Medis Gaza Temukan Lagi Jasad di Kompleks Al-Shifa

- 13 Mei 2024, 10:30 WIB
Kondisi RS al-Shifa saat ditinggalkan pasukan Israel setelah pengepungan selama dua minggu.
Kondisi RS al-Shifa saat ditinggalkan pasukan Israel setelah pengepungan selama dua minggu. /Reuters/Dawoud Abu Alkas

PRFMNEWS - Sebanyak 80 jasad ditemukan Tim Medis di tiga lokasi kuburan massal ditemukan di halaman Kompleks Medis Al-Shifa di Kota Gaza baru-baru ini.

Situasi ini menambah jumlah temuan jasad sejak pasukan Israel mundur dari Kompleks Al-Shifa dua bulan lalu.

Berbagai sumber medis Gaza menjelaskan sejauh ini lebih dari 520 jasad ditemukan di tujuh kuburan massal di rumah sakit di seluruh Jalur Gaza.

Temuan itu berlangsung selama beberapa bulan terakhir setelah penarikan pasukan pendudukan Israel dari Kompleks Medis Al-Shifa, Kompleks Medis Nasser, RS Kamal Adwan dan sejumlah tempat lainnya.

“Pemeriksaan visual terhadap jasad-jasad yang digali dari kuburan massal menunjukkan bahwa mayoritas dari mereka adalah pasien yang tidak mendapat perawatan medis,” menurut sumber anonim yang dikutip ANTARA, Minggu 12 Mei 2024.

“Kami menemukan jasad-jasad yang hancur akibat kendaraan tentara Israel yang menabrak tubuh mereka, dan kami menemukan kepala tanpa tubuh di kuburan massal di halaman Kompleks Shifa," tambahnya.

Sebelumnya pada Sabtu pagi otoritas kesehatan setempat mengkonfirmasi jumlah warga Palestina yang tewas akibat serangan Israel sejak 7 Oktober naik menjadi 34.971 orang, dengan tambahan 78.641 korban luka.

Sebagian besar korban adalah perempuan dan anak-anak. Sementara itu, tim evakuasi dan ambulans masih belum bisa menjangkau banyak korban dan jasad yang terjebak di bawah reruntuhan.

Korban tersebar di jalan-jalan di Gaza lantaran pasukan pendudukan Israel terus menghalangi mobilitas tim pertahanan sipil dan ambulans.***

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah