Intip Persiapan Masinis KAI Sebelum Dinas, Ada Tahapan Alat Tiup hingga Cek Kelengkapan Benda Wajib Dibawa

- 22 Juli 2023, 21:00 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) dengan masinis
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) dengan masinis /ANTARA/Sigid Kurniawan/wsj

PRFMNEWS – Apa saja prosedur atau tahapan persiapan yang dilakukan sebelum masinis PT KAI berdinas mengemudikan kereta api (KA)?

Pertanyaan soal tahapan persiapan masinis yang didampingi asisten masinis sebelum berdinas mengemudikan kereta api mungkin menjadi hal yang masih belum diketahui beberapa dari Anda.

Tahapan persiapan ini wajib dilakukan masinis dan asisten masinis sebelum bertugas, mengingat tugas dan tanggung jawab mereka sangatlah besar selama kereta api berjalan.

Baca Juga: Tersangka TPPO Jual Ginjal Juga Pernah Jual Ginjalnya Sendiri di Kamboja

Bahkan, masinis dan asistennya harus mampu mengambil keputusan tepat demi keselamatan bersama ketika sewaktu-waktu saat perjalanan menemukan kondisi darurat.

Mengutip laman resmi PT KAI, tahapan pertama yang wajib dilalui masinis dan asistennya sebelum berdinas adalah mengisi daftar hadir dan menjalani sejumlah tes oleh penyelia masinis.

Tahapan awal tersebut bertujuan memastikan bahwa masinis dan asisten masinis siap untuk dinas. Tahap ini bukan sekadar formalitas belaka, jika dinilai tak siap maka akan diganti.

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta Bandung akan Punya Stasiun Dekat Tol Purbaleunyi dan Masjid Al Jabbar

Sejumlah tes ini antara lain, pemeriksaan kesehatan, asesmen singkat, pengecekan kondisi lokomotif, dan mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam pekerjaan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah