Hati-hati! 9 Sinyal yang Mungkin Jadi Tanda Kamu Punya Kolesterol Tinggi

- 11 Juli 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi kolesterol tinggi
Ilustrasi kolesterol tinggi /hamiltonpaviana/Pixabay

PRFMNEWS - Kolesterol tinggi adalah kondisi saat terdapat terlalu banyak lipid atau lemak dalam darah. Tubuh kita butuh lipid dalam jumlah yang tepat untuk berfungsi.

Terlalu banyak lipid menyebabkan tubuh tidak dapat menggunakan semuanya. Akibatnya, kelebihan lipid mulai menumpuk di arteri. Lipid ini menyatu dengan zat lain dalam darah dan kemudian membentuk plak atau timbunan lemak.

Pada awalnya, plak ini mungkin tidak menimbulkan masalah, tetapi seiring berjalannya waktu, plak membesar di dalam arteri. Karena alasan ini, kolesterol tinggi yang tidak diobati bisa berbahaya.

Saat kolesterol sedang tinggi, tubuh biasanya akan mengirimkan sinyal. Namun, sinyal ini kerap tidak disadari sehingga diabaikan begitu saja. Kadar kolesterol pun akan tinggi dalam waktu berkelanjutan sehingga berpotensi dapat meningkatkan gangguan organ jantung mulai dari stroke hingga jantung koroner.

Baca Juga: Segera Berhenti! 3 Jenis Makanan ini Sebabkan Penyakit Kolesterol, Diabetes, Asam Urat, kata dr. Zaidul Akbar

Namun, jika sudah mengenali sinyal tersebut, kamu tentu saja bisa menjaga pola makan agar tidak kebablasan. Hasilnya, kadar kolesterol pun bisa berangsur kembali normal.

Lantas, seperti apa tanda kolesterol tinggi tersebut? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini.

Kadar kolesterol tinggi terkadang tidak menunjukkan gejala khusus, sehingga sering kali tidak disadari.

Bahkan beberapa gejalanya cukup umum, seperti mudah lelah dan kesemutan. Sehingga, apabila gejala-gejala tersebut terjadi terlalu sering, maka patut diwaspadai.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x