Memaknai Malam Turunnya Al-Quran dari Pendapat Beberapa Ulama

- 5 April 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi malam Lailatul Qadar
Ilustrasi malam Lailatul Qadar /Foto dari pixabay.com/


PRFMNEWS - Lailatul qadar merupakan malam ketika Al-quran diturunkan. Seluruh umat muslim meyakini itu. Saat malam Lailatul Qadar, amalan-amalan yang bisa dilakukan adalah i'tikaf. Hal ini merupakan kegiatan di mana umat islam bisa lebih dekat dengan Allah SWT.

Terdapat banyak dalil yang menyebutkan hal tersebut, salah satunya firman Allah SWT dalam Surah Al-qadr ayat 1-3 yang artinya "Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-quran) pada Lailatul qadr. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan."

Kita semua juga yakin dan tahu bahwa Al-quran diturunkan pada Rasulullah SAW secara berantara, sebagaimana terdapat pada Surah Al-isra ayat 106 yang berbunyi "Al-quran itu telah kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia, dan kami menurunkannya bagian demi bagian."

Baca Juga: Mengapa Malam Lailatul Qadar Dirahasiakan oleh Allah SWT dan Utusannya? Ternyata Ini Hikmahnya

Lalu, terdapat para ulama yang beda pendapat tentang bagaimana cara Allah SWT menurunkan Al-quran di malam Lailatul Qadar.

As-suyuthi dalam kitabnya Al-itqan Fi Ulum Al-quran menyebutkan ada 3 pendapat :
1. Al-quran turun secara utuh keseluruhan ke langit dunia pada saat Lailatul Qadar, selanjutnya Allah SWT turunkan secara berangsur-angsur selama masa kenabian.

2. Al-quran turun setiap Lailatul Qadar selama masa kenabian. Kemudian turun berangsur-angsur kepada Rasulullah SAW selama setahun itu. As-suyuthi menyebutkan ini merupakan pendapat Fakhruddin Ar-rozi.

Baca Juga: Rahasia Malam Lailatul Qadar: Ustadz Adi Hidayat Ungkap Tandanya dan Kapan Datangnya

3. Al-quran pertama kali turun di Lailatul Qadar. Selanjutnya Al-quran turun berangsur-angsur di waktu yang berbeda.

Beliau menyebutkan riwayat yang mendukung pendapat ini di antaranya riwayat dari Ikrimah dari Ibnu Abbas, bahwa beliau mengatakan Al-quran turun secara utuh ke langit dunia pada saat Lailatul Qadar. Kemudian setelah itu turun selama 20 tahun (HR Nasai).

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x