Pria Wajib Tahu! Ini 13 Ciri Andropause, Kondisi saat Pria Mengalami Menopause

- 21 September 2022, 09:30 WIB
Ilustrasi Mr. P.
Ilustrasi Mr. P. /PEXELS/DeonBlack

PRFMNEWS - Menopause itu untuk wanita, tetapi apa pria tidak bisa mengalami menopause? Ternyata pria juga bisa mengalami menopause lho. Hanya saja, menopause pada pria lebih akrab dikenal dengan istilah andropause.

Andropause adalah penurunan kadar hormon androgen (testosterone) pada pria yang terkait dengan pertambahan usia. Hormon testosterone pada pria berfungsi untuk mengatur metabolisme, membentuk protein, serta membantu menjaga stamina dan dorongan seksual.

Menopause pada pria berbeda dengan menopause pada wanita dalam beberapa hal. Untuk satu hal, tidak semua pria mengalaminya. Di sisi lain, ini tidak melibatkan penghentian total organ reproduksi. Namun, komplikasi seksual dapat muncul akibat penurunan kadar hormon.

Baca Juga: 4 Komponen Utama Menurunkan Berat Badan untuk Melawan Lemak Perut pada Wanita Menopause

Namun, perlu pula diketahui bahwa andropause tidak selalu dialami pria pada usia manula, melainkan bisa sejak usia 35 tahun.

Apabila tidak diatasi dengan baik, andropause dapat menyebabkan pria menjadi 'tua' sebelum waktunya. Untuk berjaga-jaga, kenali 13 gejala andropause di bawah ini.

1. Kekurangan energi hingga sangat cepat merasakan lelah

Salah satu gejala pria mengalami andropause adalah sangat cepat merasa lelah. Rasanya tidak melakukan apa-apa, namun tubuh terasa tidak berenergi.

2. Disfungsi ereksi

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah