Bagaimana Turunkan Kolesterol Secara Alami Tanpa Obat-obatan? Penjelasan Dokter Ema Surya Pertiwi

- 7 September 2022, 15:30 WIB
Ilustrasi turunkan kolesterol tanpa obat.
Ilustrasi turunkan kolesterol tanpa obat. /Pexels/

PRFMNEWS - Penyakit kolesterol adalah sebuah kondisi dimana seseorang mempunyai terlalu banyak zat pada darah.

Terdapat gejala-gejala kolesterol tinggi pada seseorang, seperti mudah mengantuk, kesemutan, rasa nyeri di kaki, kram dan pegal pada tengkuk atau pundak.

Nah, kali ini Dokter Ema Surya Pertiwi akan menjelaskan tips yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan kolesterol secara alami, yakni:

Baca Juga: Mustajab! 10 Kumpulan Doa yang Penuh Makna agar Anak Sholeh Dunia dan Akhirat

Yang pertama merubah pola makan. Terutama makanan yang meningkatkan kolesterol pada tubuh. Contohnya seperti makanan daging merah, makanan tinggi gula, makanan yang manis-manis, brownies, donat, boba, makanan tinggi lemak jenuh seperti mentega, keripik kentang lalu makanan tinggi garam ini bisa meningkatkan tekanan darah serta meningkatkan resiko menumpuknya kolesterol pada tubuh.

Apalagi jeroan, jeroan ayam, jeroan kambing, dan jeroan sapi, itu memang enak sekali tapi tinggi akan kolesterol.

Ketika dokter memberikan obat kolesterol pun, jika kalian masih mengkonsumsi 5 jenis makanan ini pasti tentu saja kolesterol tidak akan kunjung turun. Dokter Ema menghimbau agar kita semua harus komitme.

"Jadi harus komitmen dulu untuk menghindari jenis makanan makanan tadi" ujarnya.

Yang kedua makan makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Contohnya apa saja? Yakni makanan yang mengandung serat larut, serat larut ini seperti oatmeal. Coba sesekali sarapan dengan mengganti dengan oatmeal, nasinya diganti oleh oatmeal. Pagi makan oatmeal, siang oatmeal ,malam makan oatmeal.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x