Bagaimana Mengatasi Batuk Lama pada Penderita Diabetes?

- 29 Agustus 2022, 21:15 WIB
Ilustrasi Batuk
Ilustrasi Batuk //Foto: Towfiqu barbhuiya/Unsplash/

PRFMNEWS - Batuk merupakan sebuah mekanisme untuk membersihkan saluran pernafasan dari radikal bebas yang dimana menyebabkan iritasi pada tenggorokan.

Batuk ada yang wajar dan ada yang tidak wajar, batuk yang tidak wajar adalah batuk yang ada dahaknya dan batuk yang tidak kunjung berhenti.

Pada penderita diabetes juga terdapat batuk yang terbilang lama, perlu anda ketahui bahwa salah satu resiko yang harus dihadapi oleh penderita diabetes adalah batuk yang sulit sembuh.

Baca Juga: Orang Diabetes Rentan Kena TBC Picu Batuk Tidak Kunjung Sembuh? Begini Jawaban dr. Cahyo

Namun anda yang menderita diabetes ini tidak usah khawatir dengan masalah yang satu ini, karena tidak semua penderita diabetes mengalami batuk lama atau batuk yang tak kunjung sembuh.

Batuk lama pada penderita diabetes ini disebabkan oleh kadar gula darah yang selalu tinggi sehingga menyebabkan kekebalan tubuhnya menurun.

Hal ini akan menyebabkan tubuh dari penderita diabetes menjadi lebih mudah tertular penyakit TBC daripada penderita diabetes yang gula darahnya selalu terkontrol, ataupun orang yang tidak terkena diabetes jadi penyakit TBC inilah yang menjadi penyebab batuk pada penderita diabetes sulit sembuh.

Baca Juga: Cuaca Tidak Menentu Buat Flu, Batuk Hingga Pilek, dr. Zaidul Akbar Bagikan Resep Alami untuk Atasinya

Apa yang harus dilakukan bila penderita diabetes mengalami hal ini? Untuk mengatasi masalah ini Dokter Cahyo menyarankan untuk periksa ke dokter di puskesmas terdekat.

"Saya sarankan anda Periksa ke Puskesmas terdekat, nanti disana dokter akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan dahak di laboratorium dan pemeriksaan radiologi yaitu rontgen dada. Nah nanti dari hasil kedua pemeriksaan ini dokter akan memutuskan apakah anda perlu diberikan pengobatan TBC selama enam bulan atau tidak dan perlu anda ketahui bahwa pengobatan TBC selama enam bulan ini gratis di puskesmas karena dibiayai oleh pemerintah. Selain itu agar Penyakit ini bisa sembuh total Anda harus disiplin minum obat diabetes supaya kadar gula darah anda terkontrol dengan baik sehingga sistem kekebalan tubuh anda bisa segera pulih," ujar Dokter Cahyo.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x