Benarkah Memelihara Kucing Bisa Sulit Hamil dan Mandul? Ini Penjelasan dari dr. Clairin Hayes

- 16 Agustus 2022, 13:15 WIB
dr. Clarin Hayes.
dr. Clarin Hayes. /Tangkapan layar Youtube.com / Clarin Hayes.

PRFMNEWS - Pernahkah mendengar bahwa memelihara kucing bikin susah hamil? Pasti kamu sudah pernah mendengarnya. Tapi, apakah betul demikian atau hanya mitos belaka?.

Dilansir dari kanal YouTube dokter muda dan cantik dr. Clarin Hayes, kemandulan pada wanita maupun kecacatan bayi bisa disebabkan oleh banyak faktor-faktor medis tertentu.

Sebenarnya, yang menyebabkan wanita sulit hamil adalah karena parasit yang dibawa dalam kucing kepada manusia.

Dampak dari infeksi toksoplasma di awal kehamilan baru terlihat beberapa minggu hingga beberapa tahun setelah kelahiran bayi. Si Kecil akan mengalami gangguan seperti kebutaan, disabilitas mental, serta kejang berulang.

Baca Juga: Awas Jarang Mandi Bisa Sebabkan 5 Masalah Kesehatan ini Kata dr. Clarin Hayes

Salah satu media penularan T. gondii adalah kucing. Parasit tersebut akan berkembang biak di dalam tubuh kucing dan dapat keluar lewat kotorannya. Orang yang sehari-hari bersentuhan dengan kotoran kucing berisiko tinggi untuk tertular T. gondii.

Dengan demikian, bukan karena seseorang memelihara kucing kemudian mandul, melainkan karena parasit yang terdapat pada kucing.

Parasit tersebut bernama Toxoplasma gondii yang menyebabkan wanita mandul atau sulit untuk bisa hamil. Parasit ini bisa melakukan perkembangbiakan secara seksual hanya pada hewan kucing.

Mungkin karena itulah, kucing sering disalahkan karena menyebabkan kemandulan pada wanita, padahal sebenarnya penyebabnya adalah parasit yang ada pada kucing.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: YouTube Clarin Hayes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x