Apa itu Asam Urat? Begini Penjelasan dr. Vania Utami

- 16 Agustus 2022, 11:30 WIB
Ilustrasi sakit asam urat.
Ilustrasi sakit asam urat. /cottonbro/pexels/

PRFMNEWS - Apa itu asam urat? Jadi asam urat itu ada secara normal di tubuh setiap orang.

Kendati demikian, ketika kadar asam urat meningkat maka dapat masuk ke dalam jaringan salah satunya sendi dan dapat membentuk kristal.

Ada yang namanya kristal monosodium urat monohidrat, jadi kristal ini terbentuk ketika kadar asam urat di dalam darah itu diatas normal padahal seharusnya kristal ini tidak ada di dalam jaringan sendi, tetapi ketika kadar asam urat meningkat, kristal ini terbentuk dan akan memicu terjadinya peradangan.

Baca Juga: Begini Cara Mengobati Asam Urat Ala dr. Zaidul Akbar

Ketika peradangan terjadi maka aka timbul gejala yang dikenal oleh orang-orang sebagai asam urat.

dr. Vania Utami menjelaskan, asam urat yang dikenal di masyarakat Indonesia memiliki istilah medis yaitu gout arthritis. Hal itu terjadi karena adanya hiperurisemia, yakni keadaan asam urat yang tinggi di dalam darah yang bisa menimbulkan gout arthritis.

Namun gout arthritis ini tidak selalu menimbulkan gejala, ketika gout arthritis menimbulkan gejala seperti nyeri sendi, itu memiliki istilah lain yaitu gout attack yang memiliki gejala nyeri sendi mendadak, sendi bengkak, atau bisa juga kemerahan ketika ditekan atau bahkan hanya sekedar dipegang itu juga rasanya nyeri sekali.

Baca Juga: Gejala yang Muncul Akibat Alergi Obat dan Tips Mengatasinya, Menurut dr. Vania Utami

Tetapi gout attack ini lebih cenderung timbul karena adanya perubahan kadar asam urat dalam darah. Lalu, siapa yang lebih mungkin terkena penyakit asam urat? Apakah laki-laki atau perempuan?.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x