15 Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Penyakit Ginjal, Dijelaskan dr Ema

- 3 Agustus 2022, 12:45 WIB
Dokter Ema Surya Pertiwi sebutkan 15 makanan yang harus dihindari penderita penyakit ginjal.
Dokter Ema Surya Pertiwi sebutkan 15 makanan yang harus dihindari penderita penyakit ginjal. /Tangkap layar YouTube/Emasuperr.

PRFMNEWS - Ginjal merupakan salah satu orang tubuh yang memiliki fungsi vital. Peran utama ginjal adalah untuk menyaring darah, namun ginjal juga memiliki sejumlah fungsi lainnya.

Pada penderita penyakit ginjal tentunya perlu menjaga asupan makannya, karena terdapat sejumlah pantangan makanan pada penderita ginjal. Diantaranya adalah makanan dengan tinggi kalium dan natrium yang harus dihindari.

Namun, asupan makanan pada penderita masalah gizi juga disesuaikan dengan kondisi dan penyakit lainnya yang diderita.

Dijelaskan dokter Ema Surya Pertiwi pada kanal YouTube oribadinya, terdapat makanan yang harus dihindari ataupun dibatasi oleh penderita penyakit ginjal, diantaranya:

Baca Juga: 11 Lomba HUT Ke-77 RI yang Wajib Dicoba, Cocok untuk Semua Kalangan

1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda selain tinggi gula yang bisa membahayakan ginjal juga tinggi akan fosfor. Fosfor jika menumpuk terlalu tinggi dalam darah akan menyebabkan kerusakan tulang dan kerusakan ginjal.

2. Alpukat

Alpukat merupakan makanan yang kaya akan lemak baik serta tinggi serat, namun alpukat juga kaya akan Potasium atau kalium. Satu alpukat rata-rata mengandung sekitar 690mg potassium, sehingga penderita ginjal sebaiknya mengurangi asupan alpukat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah