5 Jenis Makanan yang Buruk untuk Kesehatan Ginjal

- 28 Juli 2022, 08:00 WIB
Kentang goreng salah satu makanan yang harus dihindari demi kesehatan ginjal.
Kentang goreng salah satu makanan yang harus dihindari demi kesehatan ginjal. /PEXEL/Dzenina Lukac

PRFMNEWS - Berikut 5 jenis makanan yang buruk untuk kesehatan ginjal, di mana jenis makanan ini sebaiknya dijauhi jika tidak ingin terkena risiko penyakit ginjal.

Makanan sangat berperan penting dalam menentukan kesehatan ginjal, oleh sebab itu disarankan untuk menjaga asupan makanan yang masuk agar ginjal bisa tetap sehat.

Hipertensi dan diabetes merupakan dua penyakit kronis yang meningkatkan risiko timbulnya permasalahan pada ginjal.

Penyakit ginjal diklasifikasi menjadi 4 macam, yaitu batu ginjal, cedera ginjal akut, penyakit ginjal kronis (CKD) dan penyakit ginjal stadium akhir (ESRD).

Baca Juga: Contoh Soal dan Link Akses Aplikasi Simulasi ANBK 2022 untuk Uji Coba Siswa SD, SMP, SMA

Membatasi asupan natrium dan lemak jenuh adalah cara utama untuk mengurangi risiko atau mengelola diabetes serta hipertensi yang dapat melindungi dari penyakit ginjal.

Oleh sebab itu kali ini akan dibahas 5 jenis makanan yang buruk kesehatan ginjal, di mana 5 macam makanan tersebut harus kalian hindari agar tidak meningkatkan risiko penyakit ginjal. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari laman Eat This No That:

1. Daging Olahan

Daging olahan yang sudah diproses seperti sosis, bacon, hot dog, serta roti burger merupakan ancaman berbahaya bagi kesehatan ginjal.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Eat This Not That


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x