Waspada Ginjal Rusak Tanpa Ada Gejala, Penjelasan Ilmiah dari Dokter Ema

- 26 Juli 2022, 11:45 WIB
Ilustrasi penyakit ginjal.
Ilustrasi penyakit ginjal. /Freepik/stockking

PRFMNEWS - Faktanya 1 dari 7 orang mengalami gangguan fungsi ginjal, dan 9 dari 10 orang sama sekali tidak mengetahui jika mereka memiliki gangguan fungsi ginjal, dan baru tersadar pada saat sudah parah di tingkat 4 atau 5.

Dokter Ema Surya Pertiwi menjelaskan tahap-tahap penyakit ginjal, yakni:

Penurunan fungsi ginjal bisa dilihat dari GFR atau laju filtrasi glomerulus. Hasil itu akan diperoleh ketika melakukan pemeriksaan selama 3 bulan berturut-turut tidak ada perubahan, maka hal itu bisa terdapat penurunan fungsi ginjal.

Ginjal tahap 1, ginjal berfungsi diatas 90 persen biasanya tidak menimbulkan suatu gejala hanya saja sudah mengalami sedikit sekali penurunan fungsi ginjal.

Baca Juga: Langkah-Langkah yang Dilakukan untuk Penderita Penyakit Ginjal Stadium 4 Agar Tidak Semakin Parah

Ginjal tahap 2, terjadi penurunan fungsi ginjal 60-89 persen. Di tahap ini tidak akan mengalami gejala yang berarti dan dianggap keluhan normal. Namun tanda yang bisa terlihat adalah mudah lelah, kurang energi dan ada masalah pada tidur.

Pada tahap 1 dan 2 masih tidak diperlukan obat-obatan, namun perlu diperbaiki pola hidupnya.

Ginjal tahap 3, dalam tahap ini terbagi menjadi 2 yakni tahap 3A yaitu ginjal anda berfungsi 45 persen dan 59 persen. Sementara 3B berarti ginjal anda berfungsi antara 30 persen - 44 persen

Pada tahap atau stadium 3 ginjal tidak bisa menyaring limbah racun dan cairan dengan baik sehingga akan menumpuk pada tubuh.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: YouTube Emasuperr


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x