6 Rempah Penyedap Rasa Pengganti Garam Cegah Darah Tinggi, Makanan Tetap Enak Juga Sehat Kata dr Saddam Ismail

- 3 Juli 2022, 07:21 WIB
Ilustrasi hipertensi.
Ilustrasi hipertensi. /Freepik/senivpetro

PRFMNEWS – Peningkatan risiko darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, hingga stroke bisa dipicu salah satunya akibat konsumsi garam berlebih setiap harinya dalam jangka waktu lama.

Risiko penyakit darah tinggi, jantung, dan stroke bisa meningkat tanpa disadari, karena konsumsi garam harian sebagai bumbu atau penyedap rasa di makanan sehari-hari kadang sulit terkontrol hingga berlebihan.

Ada enam rempah yang bisa dijadikan pengganti garam sehingga dapat mengurangi risiko darah tinggi, gangguan jantung, dan stroke, tapi tetap membuat makanan enak dan punya cita rasa khas saat dikonsumsi.

Baca Juga: 7 Buah Ini Cocok untuk Penderita Hipertensi, Bisa Kendalikan Darah Tinggi Agar Jauh dari Risiko Komplikasi

Healthy vlogger dr Saddam Ismail mengatakan, enam rempah pengganti garam sebagai alternatif penyedap rasa makanan ini, selain bisa membuat makanan tetap lezat juga menjadi lebih sehat.

Menurut dr. Saddam Ismail, garam boleh dikonsumsi asal dalam jumlah wajar. Batas konsumsi garam tiap orang dalam sehari menurut WHO hanya sekira 1 sendok teh saja.

Namun, dr. Saddam Ismail mengingatkan, garam bersumber bukan hanya dari makanan yang dimasak di rumah, tapi juga berbagai produk makanan kemasan, cepat saji, dan lainnya yang dijual di pasaran.

Baca Juga: PENTING 5 Cara Jaga Kesehatan Ginjal kata dr. Saddam Ismail, Salah Satunya Batasi Asupan Garam

Untuk itu, dr. Saddam Ismail mengimbau agar lebih mudah mengontrol kadar garam yang dikonsumsi, bisa memanfaatkan rempah lezat ini sebagai penyedap rasa pengganti garam saat memasak.

1. Kayu manis

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x