Berikut 2 Penyebab Munculnya Penyakit Ginjal Kronis yang Perlu Diketahui 

- 23 Maret 2022, 16:30 WIB
Ilustrasi ginjal.
Ilustrasi ginjal. /Freepik/brgfx/

PRFMNEWS - Berikut informasi mengenai 2 penyebab munculnya penyakit ginjal kronis yang perlu kamu waspadai.

Dikutip dari laman ayosehat.kemkes.go.id, ginjal memiliki fungsi yang cukup penting bagi tubuh, tugasnya yaitu menyaring darah serta mengendaliknan keseimbangan air di dalam tubuh, tetapi jika sistem kinerja ginjal terganggu, maka akan berbahaya.

Dikutip dari laman National Kidney Foundation, berikut dua penyakit yang bertanggung jawab atas dua pertiga kasus penyakit ginjal kronis.

Baca Juga: Penyebab Tangan dan Jari-Jari Sering Kesemutan Serta Cara Mengatasinya, Simak Penjelasan dr. Zaidul Akbar ini

1. Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit ginjal kronis, gula darah terjadi ketika gula darah Anda tetap terlalu tinggi. Dengan seiring waktu, gula darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh Anda, salah satunya pada ginjal, serta ada beberapa lainnya seperti jantung, pembuluh darah, sarah, dan mata.

2. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi ternyata juga menjadi pemicu munculnya penyakit ginjal kronis, di mana tekanan darah yang tidak terkontrol dengan baik dapat menjadi penyebab utama serangan jantung, stroke dan penyakit ginjal kronis. Selain itu penyakit ginjal kronis juga bisa memicu tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Jus Buah Bisa Bikin Gula Darah Naik, Lebih Baik Konsumsi Buah dengan Cara yang Disebutkan dr. Zaidul Akbar in

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x