Apa itu Penyakit Ginjal Kronis? Berikut yang Perlu Kamu Ketahui

- 23 Maret 2022, 08:15 WIB
Ilustrasi ginjal.
Ilustrasi ginjal. /Freepik/brgfx/

PRFMNEWS – Apa itu penyakit ginjal kronis? Sebaiknya kamu simak artikel ini sampai habis.

Dikutip dari laman ayosehat.kemkes.go.id, ginjal memiliki fungsi yang cukup penting di dalam tubuh manusia, yaitu menyaring darah hingga mengendalikan keseimbangan air di dalam tubuh, tetapi jika sistem kinerja ginjal terganggu, maka akan berbahaya bagi kesehatan orang tersebut yang mengalaminya.

Baca Juga: Penyebab Tangan dan Jari-Jari Sering Kesemutan Serta Cara Mengatasinya, Simak Penjelasan dr. Zaidul Akbar ini

Dikutip dari laman Mayo Clinic, tanda dan gejala penyakit ginjal kronis berkembang dari waktu ke waktu jika kerusakan ginjal berlangsung lambat.

Hilangnya fungsi ginjal dapat menyebabkan beberapa hal seperti mual, muntah, kehilangan selera makan, kelelahan dan kelemahan, masalah tidur, buang air kecil lebih atau kurang, menurunnya ketajaman mental, kram otot, pembengkakan kaki, kulit kering dan gatal, tekanan darah tinggi yang sulit dikendalikan, sesak napas jika cairan menumpuk di paru-paru, nyeri dada jika cairan menumpuk di sekitar lapisan jantung.

Tetapi disebutkan bahwa tanda dan gejala penyakit ginjal seringkali tidak spesifik yang berarti bisa juga disebabkan oleh penyakit lain.

Baca Juga: Jus Buah Bisa Bikin Gula Darah Naik, Lebih Baik Konsumsi Buah dengan Cara yang Disebutkan dr. Zaidul Akbar ini

Karena ginjal yang mampu mengganti fungsinya yang hilang, Anda mungkin tidak mengalami tanda dan gejala  sampai terjadi kerusakan permanen.

Segeralah periksakan diri ke dokter jika kamu mengalami beberapa tanda-tanda penyakit ginjal untuk mencegah berkembangnya penyakit tersebut menjadi gagal ginjal.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x