Pentingnya Software Attendance Management Solution untuk Perusahaan

- 20 September 2021, 16:48 WIB
Ilustrasi Karyawan Sedang Bekerja/Unsplash/Scott Graham
Ilustrasi Karyawan Sedang Bekerja/Unsplash/Scott Graham /


PRFMNEWS - Seiring berkembangnya waktu, mengelola data presensi karyawan sudah tidak dapat mengandalkan cara-cara konvensional karena akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pengelolaannya. Oleh karena itu, kini banyak perusahaan yang menggunakan software attendance management solution sebagai solusi untuk mengelola data kehadiran dari karyawan dengan lebih efisien.

Software ini sangat berguna karena merupakan perangkat lunak yang dapat membantu dalam mendesain jadwal kerja, juga mengelola, menyimpan, serta memantau kehadiran dari para karyawan. Selain memudahkan, software ini juga dapat meningkatkan kedisiplinan dan moral karyawan terkait dengan kehadiran. Apalagi kehadiran karyawan penting untuk profitabilitas dan reputasi perusahaan

Fungsi Attendance Management untuk Perusahaan

1. Meningkatkan Kedisiplinan
Kedisiplinan merupakan salah satu hal yang penting dalam perusahaan karena sangat berpengaruh dengan kinerja dan produktivitas dari karyawan. Dalam hal ini, salah satu fungsi dari software attendance management adalah membangun budaya disiplin untuk para karyawan. Hal ini karena adanya fitur yang dapat mengelola data-data karyawan.

Baca Juga: 25 Ribu Karyawan Toko Ritel di Kota Bandung Sudah Divaksin, Diharapkan Bisa Beri Rasa Nyaman Pada Konsumen

Sistem Attendance Management Solution dapat mengelola waktu kedatangan dan pulang, data lembur karyawan, jadwal shift dan cuti, jumlah kehadiran serta data izin karyawan yang absen. Semua data-data akan terkoneksi, terintegrasi, serta tersaji dengan cara online. Dengan demikian, pihak manajemen dapat memantau produktivitas karyawan untuk nantinya mengambil keputusan.

2.Self Service
Dengan menggunakan software ini, maka karyawan dapat mengurus segala administrasi dengan mandiri. Karyawan tidak perlu lagi menghubungi HRD untuk mencetak slip gaji, mengajukan dan melihat sisa cuti, juga dapat mengajukan izin jika berhalangan masuk kerja. Karyawan dapat mengganti jadwal kerja sendiri jika ada alasan tertentu.

Selain karyawan, bagian HRD juga akan lebih mudah dalam menindaklanjuti permintaan dari karyawan. Seperti jika karyawan mengganti jadwal kerja, HRD hanya tinggal mengganti jadwal dengan fitur yang tersedia. Dengan menggunakan software ini, HRD tidak perlu lagi bertemu langsung dengan karyawan sehingga lebih efisien dalam waktu dan pekerjaan.

3. Mengatur Jadwal Kerja dan Libur Karyawan
Jam kerja setiap perusahaan tidak selalu sama. Ada yang full dari pagi hingga sore hari, ada juga yang menggunakan jadwal shift untuk mendukung operasional. Fungsi dari software ini adalah adanya fitur yang dapat mengelompokkan karyawan yang memiliki jadwal yang sama sehingga dapat dibandingkan dengan data kehadiran dari karyawan.

Tidak hanya jadwal kerja saja, software ini juga memiliki fitur yang dapat menampilkan jadwal libur atau event-event dari perusahaan sehingga HRD sudah tidak perlu susah payah membolak-balik kalender. Dengan adanya fitur ini, karyawan dapat mengetahui kapan jadwal kerja, waktu libur, serta acara atau event dari perusahaan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x