Kisah Haru Nelayan Garut, 6 Hari Terombang-ambing di Laut Sampai Makan Pepaya Mentah

- 18 Oktober 2020, 22:14 WIB
Ois dan Ara, dua nelayan asal Garut yang sempat dinyatakan hilang akhirnya ditemukan selamat setelah terombang-ambing di perairan Cilacap.
Ois dan Ara, dua nelayan asal Garut yang sempat dinyatakan hilang akhirnya ditemukan selamat setelah terombang-ambing di perairan Cilacap. /Dok Kantor SAR Bandung.

PRFMNEWS - Ois (52) dan Ara (55), dua nelayan asal Garut yang dinyatakan hilang sejak Senin 12 Oktober 2020, akhirnya ditemukan di perairan Cilacap pada Minggu 18 Oktober 2020.

Terhitung, selama 6 hari kedua nelayan tersebut terombang-ambing di lautan.

Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Cilacap, Aan Latief menceritakan awal mula ditemukannya Ois dan Ara.

Menurut Aan, kedua nelayan tersebut ditemukan dalam keadaan selamat oleh kapal ikan jenis Long Line bernama DAVA JAYA 2 yang sedang dalam perjalanan pulang setelah melaut. 

Baca Juga: Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung yang Diperpanjang

Setelah itu, pihaknya menjemput korban ke dermaga dan membawa keduanya ke Klinik Umum Pratama Cilacap untuk mendapatkan perawatan.

"Kita langsung bawa ke Klinik Umum Pratama Cilacap, karena 6 hari lebih tidak makan dan minum, korban langsung kita rawat," kata Aan saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Minggu 18 Oktober 2020.

Berdasarkan penuturan korban ungkap Aan, keduanya terhantam ombak dan kapalnya terbalik saat mencari udang. Setelah kapal terbalik, keduanya terus mencoba membalikkan kembali kapal mereka.

Baca Juga: Link Live Streaming Tottenham vs West Ham United Bisa Diakses di Sini

Namun usaha mereka tidak berhasil. Keduanya akhirnya membelitkan tambang kapal ke badan mereka, agar mereka tidak jauh dari kapal.

"Selama itu mereka engga minum dan makan, ngandelin hujan. Berusaha ngebalikin kapal tapi jatuh terus," katanya.

Di hari kelima ungkap Aan, kedua nelayan tersebut menemukan pepaya yang masih mentah mengapung menghampiri mereka.

Keduanya pun berusaha meraih pepaya tersebut, meski susah karena gelombang tinggi dan kondisi badan lemas.

"Mereka menemukan pepaya yang mengapung dan berusaha mengambil pepaya tersebut dengan jeriken, dan akhirnya mereka makan berdua," katanya.

Baca Juga: Sinopsis The Last Witch Hunter yang Bakal Tayang di Bioskop Trans TV

Di hari keenam, keberuntungan datang. Kedua nelayan tersebut berhasil diselamatkan oleh nelayan kapal ikan jenis Long Line DAVA JAYA 2. 

Nelayan kapal ikan kata Aan awalnya melihat kapal yang terbalik saja, tanpa melihat adanya korban.

Namun ketika didekati, korban melambaikan tangan, hingga akhirnya kedua nelayan tersebut diselamatkan.

"Setelah ada lambaian tangan minta tolong, kapal kemudian langsung mengevakuasi kedua korban dan dikasih pertolongan pertama," katanya.***

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x