Selain Sumedang, Bandung dan 4 Kota ini Potensi Diguncang Gempa Dahsyat Akibat Dikepung Sesar Aktif

- 12 Januari 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi. /PRFM

BRAGA, PRFMNEWS – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan sejumlah kota di DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabar) termasuk Sumedang dan Bandung berpotensi diguncang gempa bumi dengan kekuatan besar di atas magnitudo 6,5.

Peneliti Gempa Bumi BRIN Mudrik Rahmawan Daryono menjelaskan banyaknya sesar aktif besar mengapit Kabupaten Sumedang membuat wilayah ini berpotensi diguncang gempa berkekuatan dahsyat.

"Sumedang berada di antara sesar aktif yang besar-besar yang sudah kita pelajari dengan baik. Magnitudo di atas 6,5 semua. Ini sesuatu yang harus kita waspadai," kata Mudrik, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Kamis 11 Januari 2024.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Daftar 8 Sesar Aktif di Jawa Barat yang Bisa Timbulkan Gempa Dahsyat

Selain Sumedang dan Bandung, Mudrik menyebutkan, sesar-sesar aktif yang berpotensi menyebabkan gempa bumi dengan kekuatan besar juga melintasi kota-kota yang sangat penting, seperti Cirebon, Jakarta, Karawang, Indramayu, dan lain sebagainya.

“Kota-kota vital itu menyimpan energi berupa swarm earthquake (gempa yang terjadi terus-menerus/frekuensi tinggi dan biasanya berlangsung cukup lama), maupun foreshocks (gempa bumi yang terjadi sebelum gempa yang berkekuatan lebih besar terjadi di lokasi yang sama),” tuturnya.

Adapun sesar-sesar besar yang mengapit Sumedang, ujar Mudrik, adalah Sesar Baribis Segmen Tampomas yang berada di sisi utara, Sesar Baribis Segmen Ciremai pada sisi timur, Sesar Lembang pada sisi barat, Sesar Cileunyi Tanjungsari dan Sesar Garsela pada sisi selatan.

Baca Juga: Waspada! Wilayah Ini Masuk Zona Merah Sesar Lembang yang Berpotensi Gempa Dahsyat

“Sesar Baribis yang menerus dari Surabaya hingga ke sekitaran Jakarta memiliki kekuatan hingga mencapai 7 magnitudo, Sesar Lembang 7,0 magnitudo, Sesar Tampomas berkekuatan 6,7 magnitudo, Sesar Ciremai 1 sebesar 6,6 magnitudo, dan Sesar Ciremai 2 berkekuatan hingga 6,9 magnitudo,” jelas dia

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x