Ungkap Kesiapan Maskapai dan Fasilitas BIJB Kertajati, AP 2: Bandara Husein Khusus Layani 2 Penerbangan

- 11 Oktober 2023, 15:30 WIB
President Director AP II Muhammad Awaluddin menyampaikan bahwa sebanyak 6 bandara AP II siap melayani penerbangan haji.
President Director AP II Muhammad Awaluddin menyampaikan bahwa sebanyak 6 bandara AP II siap melayani penerbangan haji. /Dokumen AP II

PRFMNEWS – Angkasa Pura II (AP 2) menyatakan sejumlah maskapai sudah siap beroperasi melayani berbagai rute penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka mulai 29 Oktober 2023 setelah dipindah dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung.

Angkasa Pura 2 memastikan pula seluruh fasilitas di Bandara Kertajati Majalengka untuk mendukung operasional maskapai melayani rute penerbangan domestik (dalam negeri) maupun internasional (luar negeri) telah siap digunakan.

Presiden Director AP 2 Muhammad Awaluddin mengatakan kesiapan fasilitas di Bandara Kertajati terdiri atas sisi darat (land side) dan sisi udara (air side). Koordinasi dengan seluruh stakeholder juga telah dilakukan agar penerbangan pesawat jet yang dipindahkan dari Bandara Husein Sastranegara berjalan lancar.

Baca Juga: Palestina Kembali Berduka, Inilah Tiga Pesan Penting dari Aa Gym

“Penerbangan pesawat jet berjadwal di rute domestik dan internasional siap dilayani dari dan ke Bandara Kertajati mulai 29 Oktober. Koordinasi telah dilakukan AP 2 dengan seluruh stakeholder termasuk maskapai, ground handling, AirNav Indonesia, TNI, Polri, Imigrasi, Bea dan Cukai, Balai Karantina, dan instansi-instansi lain,” ujar Awaluddin, Selasa 10 Oktober 2023.

Terkait daftar maskapai yang dipindah dari Bandara Husein Sastranegara Bandung dan siap beroperasi di BIJB Kertajati mulai 29 Oktober 2023, ujar Awaluddin, yaitu Super Air Jet, AirAsia, Citilink dan Malaysia Airlines.

Adapun rute penerbangan yang akan dilayani di Bandara Kertajati mulai 29 Oktober adalah dari dan ke Kualanamu, Denpasar, Palembang, Batam, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar dan Kuala Lumpur (Malaysia).

Baca Juga: Kereta Cepat Whoosh Terintegrasi Bandara Kertajati, Turun di Stasiun Bandung Sambung Feeder Damri

Awaluddin memastikan AP 2 yang juga mengelola Bandara Husein Sastranegara akan memaksimalkan kontribusi kedua bandara tersebut dalam mendukung pertumbuhan perekonomian dan pariwisata di Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x