Palestina Kembali Berduka, Inilah Tiga Pesan Penting dari Aa Gym

- 11 Oktober 2023, 12:45 WIB
Pembina Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, KH. Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym.
Pembina Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, KH. Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym. /

PRFMNEWS - Gaza, Palestina kembali berduka. Rudal-rudal kembali menghantam permukiman warga Gaza hingga merenggut banyak korban luka dan jiwa. Berdasarkan informasi dari Kementrian Kesehatan Palestina, hingga Selasa 10 Oktober 2023 malam kemarin, sebanyak 788 jiwa meninggal dunia dan 4.000 jiwa luka-luka.

Konflik berdarah ini kembali menjadi sorotan dunia, tak terkecuali rakyat Indonesia. Berbagai reaksi maupun dukungan disuarakan para tokoh agama, termasuk dari Pembina Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, KH. Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym.

Dalam kajian rutin MQ Pagi yang disiarkan pada Selasa kemarin, Aa Gym mengungkapkan perasaannya setelah mengetahui kondisi saudara-saudara muslim di Palestina pascagempuran Israel beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Indonesia Minta Bantuan Filipina untuk Evakuasi WNI dari Wilayah Konflik Israel-Palestina

“Aa sedang tidak bisa lepas dari memikirkan saudara-saudara di Palestina. Ini ada sedih, ada geram, ada marah, ada jengkel, tapi harus ada tindakan nyata karena kita tidak bisa menolong langsung ke sana,” ujarnya.

“Kita harus jaga pikiran kita, walaupun kita empati, peduli, tapi juga jangan sampai termakan oleh kesedihan dan kecemasan yang tidak produktif. Jadi, jangan sampai kita memikirkan berlebihan sehingga kita jadi tidak produktif,” lanjutnya.

Aa Gym melanjutkan, sebagai muslim, kita jangan sampai hanya berdiam diri dan menyaksikan korban terus berjatuhan. Meski jauh dari saudara-saudara di Palestina, ada tiga hal yang masih bisa dilakukan untuk membantu mereka.

Pertama, doa. Aa Gym mengingatkan agar tidak meremehkan kekuatan doa karena Allah tidak pernah jauh dengan hamba-Nya dan mendengar setiap keluh kesah dan doa hamba-hamba-Nya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah