Indonesia Minta Bantuan Filipina untuk Evakuasi WNI dari Wilayah Konflik Israel-Palestina

- 11 Oktober 2023, 08:40 WIB
Warga Palestina memeriksa bangunan tempat tinggal yang hancur akibat serangan Israel, di Khan Younis, Jalur Gaza selatan
Warga Palestina memeriksa bangunan tempat tinggal yang hancur akibat serangan Israel, di Khan Younis, Jalur Gaza selatan /Ibraheem Abu Mustafa/Reuters/

PRFMNEWS - Pemerintah Indonesia berusaha mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari wilayah konflik Israel-Palestina, sejak meletusnya perang di perbatasan Jalur Gaza dan Israel pada Sabtu pekan kemarin.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengatakan telah berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri Filipina terkait bantuan evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di daerah konflik usai serangan Hamas ke Israel.

Permintaan disampaikan Menlu Retno kepada Menteri Luar Negeri Filipina Enrique Manalo untuk membantu mengevakuasi WNI dari wilayah konflik jika diperlukan.

Baca Juga: Giliran Singapura Ikut Protes dan Salahkan Indonesia karena Kabut Asap yang Melintas Antar Negara

"Permintaan Menlu Retno langsung ditanggapi Menlu Enrique dengan menginstruksikan tim Filipina di lapangan," ungkap Juru Bicara Kemenlu Lalu Muhammad Iqbal dalam keterangan pers.

Iqbal menjelaskan, upaya saling membantu evakuasi warga sering dilakukan Indonesia dan Filipina. Sebelumnya, Indonesia pernah membantu evakuasi warga Filipina dari Yaman pada 2015, Kabul, Afghanistan di tahun 2021, dan Sudan pada 2023.

Pemerintah Indonesia melakukan semua upaya yang dapat dilakukan dan melalui berbagai jalur guna memberikan perlindungan kepada WNI dan untuk menghentikan kekerasan sesegera mungkin.

Berdasarkan pemutakhiran data terakhir, saat ini terdapat 45 WNI di Palestina, di mana 10 di antaranya berada di Gaza dan 35 di Tepi Barat. Selain 45 WNI tersebut, terdapat 230 WNI yang sedang melakukan wisata religi di berbagai titik di Israel.

Baca Juga: Kronologi Warga Perbatasan Garut-Tasikmalaya Diduga Keracunan Makanan Sate Jebred, 2 Orang Meninggal

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x