Desain Menara Kujang Sapasang Dibuat Ridwan Kamil pada Kertas di Punggung Kepala Satpol PP Sumedang

- 15 Agustus 2023, 11:00 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan gagasan membangun Monumen Kujang Sapasang di Jatigede, terlahir karena Kujang merupakan senjata warga Pasundan, Jawa Barat.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan gagasan membangun Monumen Kujang Sapasang di Jatigede, terlahir karena Kujang merupakan senjata warga Pasundan, Jawa Barat. /PR Sumedang/Adang Jukardi/

PRFMNEWS – Menara Kujang Sapasang menjadi salah satu karya monumental Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang ternyata memiliki kisah menarik di balik pembuatan desainnya.

Ternyata, desain Monumen Kujang Sapasang pada 2020 lalu yang kini telah terwujud dan menjadi destinasi wisata baru di kawasan Bendungan Jatigede, Kabupaten Sumedang ini dibuat dadakan oleh Ridwan Kamil.

Bahkan, desain kasar Monumen Kujang Sapasang ini dibuat oleh Ridwan Kamil pada secarik kertas yang diletakkan di atas punggung Kepala Satpol PP Sumedang Bambang Riyanto, kala itu.

Baca Juga: Hadiah bagi Warga Jatigede, Menara Kujang Sapasang Diyakini akan Tingkatkan Ekonomi Jabar

Mengutip laman resmi Pemkab Sumedang, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyebut desain tersebut diciptakan Ridwan Kamil saat dirinya menerima kunjungan kerja sang Gubernur ke Jatigede pada 2020 lalu.

Bupati Dony Ahmad Munir awalnya bercerita ke Ridwan Kamil bahwa pembangunan Bendungan Jatigede memunculkan kegelisahan bagi warga sekitar dan Sumedang secara umum karena manfaat langsung pada bidang pertanian lebih dinikmati daerah lain di sekitar Sumedang seperti Cirebon, Majalengka, dan Indramayu.

Sementara Sumedang sendiri bisa dikatakan hanya jadi "penonton", atau sekadar jadi lokasi bendungan yang menenggelamkan 28 desa.

Atas kondisi tersebut, Bupati Dony memberanikan diri meminta atensi Gubernur untuk pengembangan Jatigede bagi warga Sumedang.

Baca Juga: Menara Kujang Sapasang Jadi Wisata Kelas Dunia, Sekda Sumedang: Pemandangan Seperti Raja Ampat

Tak disangka, permintaannya itu dijawab langsung oleh Kang Emil dengan membuat desain kasar Menara Kujang Sapasang yang akan dibangun sebagai destinasi wisata yang akan meningkatkan ekonomi Sumedang.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x