PUPR akan Bangun Jalan Tol Baru Penghubung Jawa Barat hingga Yogyakarta-Solo, Ini Rutenya

- 23 Juli 2023, 18:45 WIB
 Ilustrasi Jalan Tol penghubungan Jawa Barat - Yogyakarta - Solo
Ilustrasi Jalan Tol penghubungan Jawa Barat - Yogyakarta - Solo /Dok Kementerian PUPR

PRFMNEWS - Kementerian PUPR berencana membangun Jalan Tol penghubung wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah hingga ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bahkan hingga ke Solo.

Rute pembangunan proyek jalan tol penghubung Jabar-Jateng-DI Yogyakarta ini akan berawal dari wilayah Gedebage (Kabupaten Bandung), Cilacap, Banyumas (Jawa Tengah), hingga ke Yogyakarta (DIY).

Jalan tol ini merupakan bagian dari proyek Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) yang akan diperpanjang dengan pengerjaan Tol Cilacap-Jogja.

Baca Juga: Pemkab Garut Bakal Seret Pelaku Penggelapan Pajak Hotel dan Restoran ke Meja Hijau

“Jalan Tol Getaci nantinya akan terkoneksi dengan Jalan Tol NYIA Kulonprogo - Yogyakarta - Solo di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” kata Dirjen Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna, Minggu 23 Juli 2023.

Rincian rute tol tersebut adalah Gedebage, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Cilacap, lanjut akan melewati wilayah Kabupaten Banyumas, Kebumen, dan Purworejo hingga berakhir di wilayah Yogyakarta.

Untuk progress proyek Tol Getaci saat ini, Herry menjelaskan, sudah dalam persiapan untuk lelang ulang, di mana Kementerian PUPR telah melakukan market sounding.

Baca Juga: Terungkap Alasan Paspampres Tarik Lengan Bupati Bengkulu Utara saat Kunjungan Jokowi di Pasar

Selanjutnya PUPR akan melaksanakan proses pelelangan seperti pengumuman prakualifikasi, bidding atau lelang penawaran, dan proses-proses pelelangan lainnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x