Fornas VII 2023 Ikut Perkenalkan 'Sport Tourism' di Jawa Barat

- 4 Juli 2023, 22:00 WIB
Pembukaan FORNAS VII 2023 di Stadion si Jalak Harupat Bandung Minggu, 2 Juli 2023.
Pembukaan FORNAS VII 2023 di Stadion si Jalak Harupat Bandung Minggu, 2 Juli 2023. /Pemkab Bandung/



PRFMNEWS - Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia atau Fornas VII 2023, yang diselenggarakan di Jawa Barat juga menjadi ajang pengenalan "sport tourism".

Berpusat di wilayah Kabupaten Bandung, sejumlah jenis pertandingan olahraga diselenggarakan di kawasan wisata Bandung Selatan. seperti di Ciwidey dan Ranca Upas.

Kepala Divisi 1 Kegiatan Jenis Olahraga Fornas VII 2023 Dadan Helpiandi menyebutkan, sejumlah venue pertandingan sengaja dipilih di lokasi wisata untuk semakin mempopulerkan "sport turism" di wilayah Kabupaten Bandung yang menjadi tuan rumah Fornas tahun ini, di antaranya pada cabang pertandingan pencak silat dan olahraga pernapasan.

Baca Juga: Kata Menpora Soal Jawa Barat Jadi Tuan Rumah Fornas 2023

Apalagi menurutnya, sebanyak 22.000 pegiat Fornas VII 2023, plus 3.000 ofisial menjadi pasar yang bagus untuk mengenalkan kawasan wisata di wilayah Kabupaten Bandung.

"Selain bertanding, silahkan untuk menikmati kawasan wisata dan tentunya berbelanja dan menikmati kuliner Bandung," kata Dadan dalam konferensi pers, Selasa 4 Juli 2023 malam.

Menurutnya, Fornas bukan sebagai ajang persaingan olahraga prestasi, namun tujuan utamanya untuk membudayakan olahraga di masyarakat tanpa melihat usia, gender dan tak harus merupakan seorang atlet. Siapa saja dapat ikut berpartisipasi.

Baca Juga: Dadang Supriatna Ungkap Kenapa Kabupaten Bandung Bisa Jadi Tuan Rumah FORNAS 2023

"Perolehan medali bukan patokan dan tujuan utama Fornas. Klasemen diadakan agar pegiat olahraga ini memiliki tujuan dan tantangan untuk jadi pemenang," jelasnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x