Ridwan Kamil Terbang ke AS Selama Sepekan, akan Paparkan Inovasi Pisodapur

- 30 April 2023, 13:52 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil /HUMAS JABAR


PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan melakukan Perjalanan Dinas Luar Negeri ke Amerika Serikat dari 1 hingga 7 Mei 2023.

Dalam rangkaian kunjungan kerja ke AS ini, Ridwan Kamil akan menjadi pembicara dalam forum Third Session of the United Nations Group of Experts on Geographical Names (UNGEGN) atau Forum Pertemuan Ilmiah RupaBumi Dunia di Markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) New York pada 2 Mei 2023.

Pemda Provinsi Jabar pun berkesempatan memanfaatkan forum bertema "Strengthening Relationship, Links and Connections in Geographical Names Standardization and Sustainable Development and Pandemic Recovery" untuk menjalin kerja sama pemanfaatan RupaBumi di Jabar.

Baca Juga: Titip Bangun Kota Depok Lebih Maju ke Warga, Ridwan Kamil: Banyak yang Viral

Ia akan memaparkan inovasi Jabar terkait pemanfaatan RupaBumi dalam mitigasi kebencanaan gempa di Kabupaten Cianjur. Dokumen ilmiah tersebut bertajuk "Toponym Usage in Response to the Earthquake Disaster in Cianjur Regency".

Dalam dokumen ilmiah tersebut berisi pembahasan mengenai inovasi berupa aplikasi Pisodapur (Pusat Informasi dan Koordinasi Data Gempa Cianjur) yang mempermudah penanganan dalam bencana gempa di Cianjur beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Baru Dilantik Ridwan Kamil, Kepala BP Cekban Dapat Tugas Kenali-Kelola Masalah 5 Wilayah Bandung Raya

Pisodapur berfungsi menyebarluaskan informasi kepada masyarakat tentang korban gempa, rumah rusak, daerah yang terkena dampak, berita terbaru terkait gempa, dan laporan donasi.

Dokumen ilmiah berjudul “Toponym Usage in response to the earthquake disaster in Cianjur Regency”, yang disusun Pemda Provinsi Jabar itu mendapat perhatian panitia forum UNGEGN di New York untuk dibahas pada forum ilmiah tersebut yang akan dihadiri kurang lebih 100 negara anggota PBB.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x